Manajemen perpustakaan sekolah (studi kasus di SMP Negeri 5 Malang) / Fadiah Oktiningsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Manajemen perpustakaan sekolah (studi kasus di SMP Negeri 5 Malang) / Fadiah Oktiningsih

Oktiningsih, Fadiah (2009) Manajemen perpustakaan sekolah (studi kasus di SMP Negeri 5 Malang) / Fadiah Oktiningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Oktiningsih Fadiah. 2009. Manajemen Perpustakaan Sekolah (Studi Kasus di SMP Negeri 5 Malang). Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Hendyat Soetopo M.Pd (II) Dra. Maisyaroh M.Pd. Kata kunci manajemen perpustakaan sekolah Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan Bab I Pasal 1 menyatakan bahwa Perpustakaan adalah institusi pengelola koleksi karya tulis karya cetak dan/atau karya rekam secara profesional dengan sistem yang baku guna memenuhi kebutuhan pendidikan penelitian pelestarian informasi dan rekreasi para pemustaka . Perpustakaan sebagai lembaga pendidikan dan lembaga penyedia informasi akan memiliki kinerja yang baik apabila didukung dengan manajemen yang memadai sehingga seluruh aktivitas lembaga akan mengarah pada upaya pencapaian tujuan yang telah dicanangkan. Berdasarkan uraian diatas maka peneliti tertarik untuk menelaah lebih dalam tentang manajemen perpustakaan sekolah. Ada lima tujuan dalam penelitian ini yaitu (1) mendeskripsikan pengorganisasian perpustakaan (2) mendeskripsikan layanan teknis perpustakaan (3) mendeskripsikan layanan pembaca perpustakaan (4) mendeskripsikan manfaat perpustakaan bagi warga sekolah dan (5) mendeskripsikan keterlibatan warga dalam penyelenggaraan perpustakaan di SMP Negeri 5 Malang. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 5 Malang dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi (1) observasi partisipasi (2) wawancara mendalam dan (3) studi dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini adalah (1) reduksi (2) display data dan (3) verifikasi data. Pengecekan keabsahan data yang dilakukan dalam penelitian ini dengan beberapa cara yaitu (1) ketekunan pengamatan (2) triangulasi dan (3) pengecekan anggota. Hasil penelitian menunjukkan (1) pengorganisasian perpustakaan SMP Negeri 5 Malang kedudukan perpustakaan berada langsung di bawah kepala sekolah yang didalamnya terdapat pengelola perpustakaan dibantu oleh kader perpustakaan namun perpustakaan sekolah yang merupakan bagian dari sekolah tidak dimasukkan ke dalam struktur organisasi sekolah dan pengelola perpustakaan perlu mengikuti pelatihan perpustakaan untuk mengembangkan kemampuan dan ketrampilannya (2) layanan teknis di perpustakaan SMP Negeri 5 Malang ditemukan bahwa pengadaan bahan pustaka direncanakan setiap awal tahun ajaran baru inventarisasi bahan pustaka dengan diinventarisasikan ke dalam buku induk di komputer pengolahan bahan pustaka dengan memberikan kelengkapan bahan pustaka sampai siap untuk dilayankan namun katalog tidak digunakan untuk penelusuran informasi bahan pustaka pengaturan dan pemeliharan bahan pustaka dengan mengelompokkan sesuai dengan klasifikasinya dan pemeliharaan dilakukan secara berkala (3) layanan pembaca di perpustakaan SMP Negeri 5 Malang ditemukan bahwa layanan sirkulasi yaitu layanan peminjaman dan pengembalian sedangkan layanan referensi hanya memberikan layanan informasi (4) manfaat perpustakaan bagi warga SMP Negeri 5 Malang terutama bagi kepala sekolah guru dan siswa sebagai sumber informasi yang menyediakan berbagai koleksi bahan pustaka dan (5) keterlibatan warga SMP Negeri 5 Malang dalam pengelolaan perpustakaan ditemukan bahwa keterlibatan kepala sekolah dalam memberikan kebijakan-kebijakan yang terkait dengan perpustakaan keterlibatan guru dalam perencanaan pengadaan bahan pustaka memotivasi siswa untuk memanfaatkan perpustakaan dan mengajak siswa untuk belajar bersama di perpustakaan dan keterlibatan siswa dalam kader perpustakaan namun masih belum ada program kerja dari kader perpustakaan tersebut. Berdasarkan hasil penelitian ini saran-saran yang diajukan adalah (1) bagi Kepala SMP Negeri 5 Malang diharapkan komponen perpustakaan dimasukkan ke dalam struktur organisasi sekolah pengelola perpustakaan diikutkan dalam pelatihan dan terus mendukung untuk kemajuan perpustakaan sekolah (2) bagi pengelola perpustakaan SMP Negeri 5 Malang diharapkan mengikuti pelatihan menyusun program kerja kader perpustakaan dan mensosialisasikan tentang pentingnya penggunaan katalog (3) bagi guru diharapkan terus terlibat dalam perencanaan pengadaan bahan pustaka memotivasi dan mengajak siswa untuk belajar di perpustakaan (4) bagi siswa diharapkan memanfaatkan katalog dan terus terlibat dalam kader perpustakaan (5) bagi Jurusan Administrasi Pendidikan diharapkan lebih banyak mengkaji tentang manajemen perpustakaan sekolah dan (6) bagi peneliti lain dapat dijadikan sebagai bahan referensi untuk mengembangkan penelitian sejenis dalam bidang manajemen perpustakaan sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 03 Sep 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3210

Actions (login required)

View Item View Item