Tafenda, Rahmansyah Dwi (2017) Analisis kebutuhan pelatihan untuk meningkatkan kompetensi karyawan di PDAM Kota Malang / Rahmansyah Dwi Tafenda. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Tafenda Rahmansyah. D. 2016. AnalisisKebutuhanPelatihanuntukMeningkatkanKompetensiKaryawan di PDAM Kota Malang.Skripsi Program StudiManajemenSumberDayaManusia JurusanManajemen FakultasEkonomi UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Elfia Nora S.E. M.Si (II) Drs. H. Muhammad Arief M.Si. Kata kunci AnalisisKebutuhan Pelatihan KompetensiKaryawan Sumberdayamanusiamerupakansalahsatusumberdayapenting yang dimilikisetiaporganisasidankeberhasilannyaditentukanolehkualitassumbardayamanusiaataukaryawan yang ada di dalamnya.PDAM Kota Malang berupayauntukselalumeningkatkankualitaspelayanankepadapelanggannya.Pembinaan pendidikan danpelatihan yang telahdiberikanoleh PDAM Kota Malang kepadakaryawannyamerupakansalahsatuupayauntukmelihatkualitasdanmeningkatkankompetensi.Berdasarkanpenjelasantersebut penelitiinginmengetahuiapakah program pelatihan yang telahdiberikankepadakaryawan di PDAM sudahmelaluianalisiskebutuhanpelatihan.Penelitianinibertujuanuntuk (1) Mengidentifikasikebutuhanpelatihan (2) Program pelatihanapa yang dibutuhkanolehkaryawanuntukmeningkatkankompetensi (3) Kendala yang dihadapisaatpelaksanaan proses analisiskebutuhanpelatihankaryawan. Penelitianinimenggunakanteknikpengumpulan datadengancaramengumpulkaninformasidan datadalampengambilansampel yang tidakmembatasiinformanuntukpengumpulan datasampaidirasacukup. Pengujiankelayakaninstrumenmenggunakantekniktrianggulasi data.Dalampengumpulan data dilakukandenganwawancara observasi dokumentasi denganmenggunakanteknikanalisissnowball sampling. Hasildaripenelitianinimenunjukkanbahwa (1) program pelatihan yang dibutuhkanolehkaryawan PDAM Kota Malang untukdapatmeningkatkankompetensi dilakukandenganmenganalisiskebutuhanpelatihanmenggunakananalisis GAP (2) Hasilmenunjukanbahwauntukmengetahuikebutuhanpelatihankaryawandenganmemberikanpertanyaanseputarperusahaandalam proses pendekatan yang sistematis (3) terdapatberbagaikendala yang dihadapidalam proses analisiskebutuhanpelatihanmeliputiwaktu fasilitas bahandankomposisinya filosofi personal danorganisasi (4) jangkawaktupelatihanpadakaryawan yang tidakpasibahkancenderungmemerlukanjangkawaktu yang lama (5) fasilitas yang kurangmemadaidalammenunjangjalannyapelaksanaanpelatihan. Saran yang dapatdiberikanolehpenelitiberdasarkanhasilpenelitianiniialah (1) metodepelaksanaan program pelatihan yang dilakukanhendaknyalebihterarah (2) hasildarikebutuhanpelatihandapatdikomunikasikandenganlebihbaikpadakaryawan agar terhindardarikendaladanhambatansaat proses pelatihan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen |
Depositing User: | Users 2 not found. |
Date Deposited: | 01 Mar 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/31940 |
Actions (login required)
View Item |