Pesta olahraga ganefo sebagai strategi diplomasi dan potensinya sebagai bahan ajar sejarah / Kevin Salia Pratama - Repositori Universitas Negeri Malang

Pesta olahraga ganefo sebagai strategi diplomasi dan potensinya sebagai bahan ajar sejarah / Kevin Salia Pratama

Pratama, Kevin Salia Pratama (2024) Pesta olahraga ganefo sebagai strategi diplomasi dan potensinya sebagai bahan ajar sejarah / Kevin Salia Pratama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pesta olahraga Ganefo terjadi dikarenakan dikeluarkannya Indonesia dari keanggotaan IOC karena dianggap mencampur adukkan olahraga dengan politik dengan tidak memperbolehkan atlit-atlit dari Taiwan dan Israel ikut berlaga. Selain itu juga Indonesia dilarang ikut serta di event Olimpiade yang digelar di Tokyo Jepang. Alih-alih meminta maaf justru Indonesia lebih memilih menggelar event olahraga tandingan yang di dalamnya berisikan negara-negara The New Emerging Forces. Pesta olahraga ganefo juga dijadikan sebagai strategi diplomasi oleh Soekarno pada saat itu. Walaupun Indonesia pada saat itu berada di Gerakan Non-Blok tapi tidak menutup kemungkinan untuk presiden Soekarno menjalin hubungan dengan blok Barat dan Blok Timur karena memang sesuai dengan plitik luar negeri Indonesia pada saat itu yaitu Bebas Aktif. Potensi bahan ajar terhadap materi pesta olahraga ganefo sebagai strategi diplomasi Soekarno sendiri dapat dijadikan sebagai tambahan materi bagi peserta didik dan bagi pendidik juga bisa dijadikan sebagai tambahan wawasan dan pengembangan akan suatu materi pembelajaran. Melalu materi ini juga diharapkan peserta didik dapat mengetahui bahwa percampuran politik dengan olahraga sudah pernah terjadi di masa lampau. Selain itu juga diharapkan peserta didik mampu belajar untuk lebih memahami bahwa sejarah juga ikut berkembang. Sebagai salah satu upaya untuk bisa menarik minat peserta didik belajar sejarah juga diperlukan adanya penggunaan bahan ajar sebagai salah satu cara untuk peserta didik bisa lebih memahami dan mengetahui suatu materi pembelajaran. Perpaduan antara materi dan juga bahan ajar dalam pendidikan merupakan suatu keharusan dan kebutuhan yang harus dilakukan oleh guru agar tujuan dari pembelajaran bisa tercapai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 Jun 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/317924

Actions (login required)

View Item View Item