Pengembangan media pembelajaran his-reels (history reels) instagram materi tradisi budaya sampung untuk siswa kelas x smk pgri 2 ponorogo / Nova Etikasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran his-reels (history reels) instagram materi tradisi budaya sampung untuk siswa kelas x smk pgri 2 ponorogo / Nova Etikasari

Etikasari, Nova Etikasari (2024) Pengembangan media pembelajaran his-reels (history reels) instagram materi tradisi budaya sampung untuk siswa kelas x smk pgri 2 ponorogo / Nova Etikasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Etikasari Nova. 2024. Pengembangan Media Pembelajaran His-Reels (History Reels) Instagram Materi Tradisi Budaya Sampung untuk Siswa Kelas X SMK PGRI 2 Ponorogo. Skripsi Departemen Sejarah Program Studi Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Yuliati M. Hum. (II) Arif Subekti S. Pd. M. A. Kata Kunci video pendek sampung his-reels. Pembelajaran sejarah adalah salah satu hal yang penting untuk siswa karena melalui belajar sejarah secara tidak langsung dapat memberikan kita rasa untuk mencintai bangsa. Sejarah sudah diajarkan sejak sekolah dasar yang dicantumkan dalam pelajaran IPS. Namun dalam praktik di lapangan media yang digunakan seringkali belum tepat digunakan. Adanya perkembangan teknologi pesat saat ini menjadikan media pembelajaran semakin banyak mengalami inovasi. Salah satunya adalah menggunakan platform digital seperti Instagram. Tujuan proyek ini adalah menghasilkan produk media pembelajaran untuk kelas X TKR 4 SMK PGRI 2 Ponorogo berupa media video pendek Instagram (Reels) bernama His-Reels (History Reels) dengan konten tentang tradisi budaya Sampung. Langkah-langkah yang digunakan dalam teknik ADDIE adalah (1) Analisys (2) Design (3) Development (4) Implementation dan (5) Evaluation. Data yang dikumpulkan meliputi data kuantitatif yang dinyatakan dalam persentase maupun data kualitatif yang dinyatakan dalam bentuk saran komentar dan umpan balik dari proses validasi. Temuan hasil kevalidan produk dari ahli materi sejumlah 93 2% (sangat valid) sedangkan temuan ahli media adalah 84 7% (sangat valid). Ini menghasilkan skor 75 6% (layak) untuk tahap uji coba kelompok kecil dan skor 86 7% (sangat layak) untuk uji coba kelompok besar. Media pembelajaran History Reels sangat cocok digunakan sebagai media pembelajaran sejarah di kelas X TKR 4 SMK PGRI 2 Ponorogo karena mencapai nilai diatas 85% sesuai dengan temuan validasi produk dan uji coba.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 03 Jun 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/317605

Actions (login required)

View Item View Item