Pembelajaran geografi abad 21: eksplorasi geodiversity dan keragaman geologi teluk lenggoksono / Ifadia Lailia Elissa - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran geografi abad 21: eksplorasi geodiversity dan keragaman geologi teluk lenggoksono / Ifadia Lailia Elissa

Elissa, Ifadia Lailia Elissa (2024) Pembelajaran geografi abad 21: eksplorasi geodiversity dan keragaman geologi teluk lenggoksono / Ifadia Lailia Elissa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran Geografi abad 21 identik dengan pemahaman kompleksitas fenomena geografi melaui pendekatan holistik yang saling terintegrasi. Proses pembelajaran lebih berorientasi pada eksplorasi dan interaksi langsung dengan lingkungan sehingga menjadi strategi pedagogis serta kunci yang dapat memfasilitasi pemahaman komprehensif dan aplikatif tentang fenomena geosfer. Oleh karena itu satuan pendidik dapat mengembangkan bahan ajar sesuai dengan konsep pembelajaran geografi abad 21 dan kebutuhan peserta didik. Materi pembelajaran dapat dikemas dengan mengkaitkan fenomena dilapangan sehingga siswa dapat mengetahui karakteristik serta potensi wilayah. Salah satu wilayah yang memiliki potensi untuk dikembangkan menjadi kajian bahan ajar geografi yaitu pada kawasan Teluk Lenggoksono. Area ini dapat digunakan sebagai sumber belajar langsung di mana proses pembelajaran menekankan pada aspek geodiversity geologi jenis batuan keragaman hayati serta pemanfaatan potensi sumber daya alam. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian Research and Development (R amp D) dengan menggunakan model Succesive Approximation Model 2. Terdapat 3 tahapan dalam model ini yaitu Preparation Phase Iterative design phase dan Iterative Development Phase. Hasil produk yang telah dikembangkan yaitu berupa buku cetak ber-ISBN dengan format UNESCO. Buku ini membahas secara spesifik terkait dengan geodiversity Teluk Lenggoksono yang dapat dikorelasikan dengan materi pembelajaran. Konsep materi disajikan melalui pendekatan aplikatif yang menghubungkan antara fenomena dengan teori. Selain itu penyusunan materi berorientasi pada data dilapangan yang beracuan pada studi literatur dan observasi langsung yang dapat menambah wawasan siswa terhadap wilayahnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Jun 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/317162

Actions (login required)

View Item View Item