Internalisasi nilai gotong royong dalam projek penguatan profil pellajar pancasila (p5) di sma negeri 2 tuban / Ratu Suci Sholikhah Wati - Repositori Universitas Negeri Malang

Internalisasi nilai gotong royong dalam projek penguatan profil pellajar pancasila (p5) di sma negeri 2 tuban / Ratu Suci Sholikhah Wati

Wati, Ratu Suci Sholikhah Wati (2024) Internalisasi nilai gotong royong dalam projek penguatan profil pellajar pancasila (p5) di sma negeri 2 tuban / Ratu Suci Sholikhah Wati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) internalisasi nilai gotong royong dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dan menjelaskan faktor pendukung dan penghambat internalisasi tersebut. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif sumber data meliputi informan peristiwa dan dokumen. Pengumpulan data terdiri dari tahapan observasi wawancara dan dokumentasi. Sementara itu analisis data yang digunakan yakni reduksi data penyajian data dan verifikasi data. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dilakukan melalui perencanaan yang diawali dengan rapat bersama untuk membentuk tim perancang dan pengembang modul P5 pelaksanaan menggunakan sistem harian dengan kurun waktu 3-4 bulan evaluasi dilaksanakan secara kondisional yakni 2-3 kali dalam satu semester. 2) internalisasi nilai gotong royong dilakukan melalui tahapan transformasi nilai yaitu dengan cara berdialog pada siswa transaksi nilai yaitu dengan cara bercerita keberhasilan projek dan pembentukan kelompok transinternalisasi yaitu dengan melakukan pembiasaan kerja kelompok. 3) faktor yang mendukung internalisasi nilai gotong royong adalah peserta didik bersikap kooperatif dalam pembelajaran P5 dukungan serta bantuan dari guru dan orang tua yang ditunjang dengan adanya sarana prasarana sekolah yang mendukung. Sedangkan faktor penghambatnya adalah beberapa orang tua tidak mengizinkan kegiatan kerja kelompok dilaksankana pada malam hari beberapa guru terpecah konsentrasinya antara melaksanakan tugas lain di luar sekolah atau mendampingi P5 dan beberapa peserta didik bersikap tidak kooperatif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: library UM
Date Deposited: 02 Jul 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/316965

Actions (login required)

View Item View Item