Kiftiyah, Millatul Kiftiyah (2024) Pengaruh penerapan pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar peserta didik dalam mapel ppkn di kelas ix mtsn 2 malang / Millatul Kiftiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memahami pengaruh penerapan pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar peserta didik dalam mapel PPKn di kelas IX dan mengetahui penerapan pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar peserta didik dalam mapel PPKn di kelas IX MTsN 2 Malang. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian Pre-Experimental Designs bentuk desain one group pre-test ndash post-test. Diaplikasikan kelas eksperimen dengan sampel dilakukan dengan random diperoleh kelas IX D MTsN 2 Malang dengan 32 responden proses kegiatan pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Instumen penelitian digunakan demi mengetahui dan mengukur hasil belajar peserta didik. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan dan regresi linear sederhana dengan mengaplikasikan perangkat lunak SPSS 25 for windows. Penelitian ini memperoleh hasil t tabel dengan tingkat signifikansi sebesar 0 808 lt 0 05 menunjukkan tidak adanya pengaruh regresi linier sederhana antara pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar peserta didik dalam mapel PPKn. Kegiatan yang dilaksakan secara berkelompok dalam mengumpulkan data akan lebih memudahkan peserta didik saling mentransfer ilmu antar teman dan saling menjaga komunikasi yang seimbang mengakibatkan memperoleh solusi yang mampu menemukan konsep mengarah pada proses berpikir kritis seperti mengerti menerapkan dan menganalisis informasi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Jun 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/316954 |
Actions (login required)
View Item |