Maghfiroh, Siti Maghfiroh (2023) Pengaruh pemberian penguatan (reinforcement) terhadap motivasi belajar siswa kelas viii dalam mata pelajaran ppkn di smp negeri 1 sukorejo / Siti Maghfiroh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh lemahnya motivasi belajar siswa dalam mengikuti proses pembelajaran yang terlihat dari sikap siswa yang pasif dan tidak bersemangat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian penguatan terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran PPKn di SMP Negeri 1 Sukorejo. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif khususnya menggunakan strategi penelitian eksperimen. Desain yang digunakan adalah desain penelitian eksperimen murni dengan bentuk posttest-only control design. Sampel penelitian diperoleh melalui proses pengambilan sampel secara acak sederhana. Melakukan pengujian hipotesis pada dua sampel melalui uji chi-kuadrat (x2 ). Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang substansial dari pemberian penguatan terhadap motivasi belajar siswa yang dibuktikan dengan perhitungan chi-kuadrat (x2 ) yang menghasilkan nilai 28 49 dengan tingkat kesalahan 5% dan derajat kebebasan (dk) 1. maka harga x2 tabel 3 841 dan untuk 1% 6.635. Ternyata x 2 hitung lebih besar dari harga x 2 tabel baik untuk taraf kesalahan 5% maupun 1%. Dengan demikian hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh pemberian penguatan memiliki dampak yang substansial terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran PPKn di SMP Negeri 1 Sukorejo.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 28 Dec 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/316884 |
Actions (login required)
View Item |