Hubungan mastery goal orientation dan social support terhadap kemandirian menentukan karier di era revolusi industri 4.0 siswa smk kompetensi keahlian teknik otomasi industri di kabupaten malang / Divya Aisha - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan mastery goal orientation dan social support terhadap kemandirian menentukan karier di era revolusi industri 4.0 siswa smk kompetensi keahlian teknik otomasi industri di kabupaten malang / Divya Aisha

Aisha, Divya (2024) Hubungan mastery goal orientation dan social support terhadap kemandirian menentukan karier di era revolusi industri 4.0 siswa smk kompetensi keahlian teknik otomasi industri di kabupaten malang / Divya Aisha. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sekolah Menengah Kejuruan merupakan institusi pendidikan yang bertujuan dalam mempersiapkan tamatannya untuk siap bekerja berjiwa wirausaha cerdas dan kompetitif. Kenyataan di lapangan menunjukkan lulusan SMK menyumbang angka pengangguran tertinggi sebesar 9 31%. Adanya tantangan dalam menghadapi era revolusi industri 4.0 tentunya berimbas pada kesiapan siswa SMK untuk mampu menentukan kariernya berdasarkan kompetensi diri. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kemandirian menentukan karier di era revolusi industri 4.0 (Y) (2) mendeskripsikan mastery goal orientation (X1) (3) mendeskripsikan social support (X2) (4) mengungkap adanya signifikansi hubungan antara (X1) dan (Y) (5) mengungkap adanya signifikansi hubungan antara (X2) dan (Y) (6) mengungkap adanya signifikansi hubungan antara (X1) dan (X2) dengan (Y) secara simultan. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif korelasional dengan model penelitian kuantitatif yang bersifat ex post facto. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik sampling jenuh berjumlah 125 siswa yang berstatus sebagai siswa kelas XIII Kompetensi Keahlian Teknik Otomasi Industri di Kabupaten Malang yang telah menyelesaikan praktik kerja lapangan. Instrumen yang digunakan angket tertutup skala Likert 5 dengan penguat hasil angket berupa wawancara. Analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif uji prasyarat analisis uji hipotesis dan sumbangan prediktor dengan bantuan software IBM SPSS. Hasil penelitian menunjukkan variabel X not 1 mayoritas persentase berada dalam kategori sangat tinggi (59 2%) variabel X not 2 mayoritas persentase berada dalam kategori tinggi (61 6%) dan variabel Y mayoritas persentase berada dalam kategori tinggi (53 6%). Hubungan parsial antara X1 dengan Y dan X2 dengan Y memiliki nilai thitung gt ttabel yaitu 15 193 gt 1 6574 dan 9 651 gt 1 6574. Hubungan simultan antara X1 dan X2 dengan Y memiliki nilai fhitung gt ftabel yaitu 131 699 gt 3 07. Sumbangan efektif X1 dan X2 sebesar 53 16% dan 15 15%. Sumbangan relatif X1 dan X2 sebesar 77 82% dan 22 18%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) tingkat variabel Y tergolong tinggi (2) tingkat variabel X not 1 tergolong sangat tinggi (3) tingkat variabel X not 2 tergolong tinggi (4) terdapat hubungan positif dan signifikan antara X1 dengan Y (5) terdapat hubungan positif dan signifikan antara X2 dengan Y serta (6) terdapat hubungan positif dan signifikan secara simultan antara X not 1 dan X2 dengan Y.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: library UM
Date Deposited: 01 Jul 2024 04:29
Last Modified: 17 Oct 2024 03:11
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/315498

Actions (login required)

View Item View Item