Pratama, Rizky Rosandi (2024) Pengembangan trainer bidirectional buck boost converter pada mata kuliah elektronika daya departemen teknik elektro dan informatika Universitas negeri Malang / Rizky Rosandi Pratama</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Mata Kuliah Elektronika Daya merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa S1 PTE (Pendidikan Teknik Elektro) Universitas Negeri Malang. Berdasarkan buku pedoman akademik S1 Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang capaian pembelajaran Mata Kuliah Elektronika Daya pada nomor 8 adalah merancang rangkaian elektronika daya untuk mengontrol dan konversi daya listrik. Berdasarkan hasil observasi lapangan dan wawancara yang telah dilakukan diperoleh informasi bahwa terdapat trainer buck-boost yang mampu mengalirkan daya dalam satu arah dan memanfaatkan mikrokontroler Arduino sebagai pembangkit sinyal PWM. Namun perlu adanya pengembangan terhadap trainer tersebut agar trainer mampu menghasilkan nilai output yang konstan meskipun nilai input berubah. Maka dari itu diperlukan sebuah trainer yang sinyal keluarannya dapat dikontrol. Sistem pengontrolan yang ditawarkan yaitu pemodelan persamaan buck dan persamaan boost dengan perantara blok diagram pada software Matlab Simulink. Tujuan penelitian ini adalah merancang membuat dan menguji tingkat validitas trainer bidirectional buck boost converter dan jobsheet untuk Mata Kuliah Elektronika Daya Departemen Teknik Elektro dan Informatika. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian pengembangan trainer bidirectional buck boost converter adalah metode R amp D (Research and Development) dengan model pengembangan Sugiyono. Tahap model pengembangan Sugiyono adalah sebagai berikut 1) potensi dan masalah 2) pengumpulan data 3) desain produk 4) validasi desain 5) revisi desain 6) pembuatan produk 7) uji coba produk 1 8) revisi produk 9) uji coba pemakaian 10) revisi produk 2 11) produksi masal. Berdasarkan hasil uji coba kelompok kecil untuk trainer pada aspek kesesuaian produk diperoleh persentase sebesar 100% aspek kelengkapan diperoleh persentase sebesar 100% dan aspek kualitas teknis diperoleh persentase sebesar 93 33%. Untuk jobsheet pada aspek kesesuaian produk diperoleh persentase sebesar 95 24% dan aspek kualitas teknis diperoleh persentase sebesar 95 14%. Berdasarkan hasil uji coba pemakaian kelompok besar untuk trainer pada aspek kesesuaian produk diperoleh persentase sebesar 100% aspek kelengkapan diperoleh persentase sebesar 100% dan aspek kualitas teknis diperoleh persentase sebesar 91 71%. Untuk jobsheet pada aspek kesesuaian produk diperoleh persentase sebesar 91 84% dan aspek kualitas teknis 91 90%. Dari hasil yang didapatkan pada uji coba produk kelompok kecil dan uji coba pemakaian kelompok besar dapat disimpulkan bahwa trainer dan jobsheet dinyatakan sangat valid.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 Jan 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/315484 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |