Mahardika, Riky (2023) Pengembangan instrumen evaluasi berbasis wordwall pada pelajaran instalasi tenaga listrik Kelas xi titl / Riky Mahardika</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pengembangan teknologi setelah era pandemi covid-19 mengubah identitas sektor pendidikan. Kemajuan teknologi menghadirkan instrumen e-evaluasi atau alat evaluasi online yang merupakan suatu alat untuk memenuhi persyaratan akademis sehingga dapat digunakan sebagai alat ukur atau pengumpulan data mengenai suatu variabel. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan instrumen evaluasi yang digunakan pendidik dalam proses evaluasi belum bervariasi serta evaluasi yang dilakukan oleh guru masih menggunakan kertas dan googleform. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja pembuatan instrumen evaluasi berbasis platform wordwall mengukur validitas soal instrumen evaluasi dan mengukur kelayakan media evaluasi berbasis platform wordwall pada pelajaran instalasi tenaga listrik materi satu fasa. Diharapkan pada penelitian ini dapat dijadikan referensi media evaluasi berbasis online yang bisa digunakan pendidik. Penelitian ini dilakukan menggunakan model Research and Development (R amp D). Model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D dengan tahapan yang terdiri Define Design Develop dan Disseminate. Analisis data yang dilakukan menggunakan kuantitatif dan kualitatif kemudian pengumpulan data menggunakan instrumen berupa angket. Hasil pengembangan instrumen evaluasi berbasis wordwall pada pelajaran instalasi tenaga listrik kelas XI TITL memperoleh validasi ahli materi dan ahli media sebesar 97% dan 94% dengan kategori sangat layak sedangkan untuk hasil uji kelayakan kelompok kecil dan kelompok besar didapat hasil rata-rata angket respons siswa sebesar 95.3% dan 96% dengan kategori sangat layak. Dari pengembangan instrumen soal evaluasi berbasis wordwall pada mata pelajaran instalasi tenaga listrik berjumlah 25 soal dilakukan diuji validitas reliabilitas tingkat kesukaran soal dan daya pembeda guna mengetahui butir soal yang digunakan. Pada uji validitas dan reliabilitas menggunakan bantuan aplikasi SPSS 22 sedangkan pada uji tingkat kesukran diperoleh hasil perhitungan tingkat kesukaran dari 25 buah butir soal terdapat 12 soal kategori mudah 9 soal kategori sedang dan 4 soal kategori sukar. Sedangkan pada uji daya pembeda didapat dari 25 butir soal yang diujikan di dapat 2 soal dalam kategori sangat jelek 3 soal dalam kategori jelek 7 soal kategori cukup 6 soal kategori baik dan 7 soal kategori baik sekali. Diharapkan pada penelitian selanjutnya bisa menguji hasil belajar ataupun mengukur tingkat motivasi belajar peserta didik berbasis platform wordwoll yang digunakan menjadi alat evaluasi bisa media pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 07 Feb 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/315464 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |