Hubungan kebermaknaan mata kuliah praktik pembelajaran mikro dan social support dengan self confidence pada pelaksanaan pengalaman lapangan persekolahan mahasiswa pte 2020 universitas negeri malang / Yusuf Gunung Asmara - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan kebermaknaan mata kuliah praktik pembelajaran mikro dan social support dengan self confidence pada pelaksanaan pengalaman lapangan persekolahan mahasiswa pte 2020 universitas negeri malang / Yusuf Gunung Asmara

Asmara, Yusuf Gunung Asmara (2023) Hubungan kebermaknaan mata kuliah praktik pembelajaran mikro dan social support dengan self confidence pada pelaksanaan pengalaman lapangan persekolahan mahasiswa pte 2020 universitas negeri malang / Yusuf Gunung Asmara. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Self confidence pada pelaksanaan pengalaman lapangan persekolahan akan muncul ketika mahasiswa telah merasakan kebermaknaan mata kuliah praktik pembelajaran mikro. Pada dasarnya kepercayaan diri seorang guru akan muncul jika guru tersebut dapat mengelola kelas dengan baik sehingga proses mengajar dapat tercapai dengan maksimal. Mahasiswa yang sudah berhasil mengelola kelas pada saat pelaksanaan mata kuliah praktik pembelajaran mikro belum tentu berhasil mengelola kelas dengan keadaan sebenarnya yaitu di sekolah dengan berbagai macam karakter peserta didik suasana kelas maupun mental mahasiswa itu sendiri. Oleh karena itu perlu faktor eksternal yang dapat membuat mahasiswa calon guru lebih percaya diri untuk mengajar di depan kelas. Salah satu faktor eksternalnya yaitu social support. Tujuan penelitian dilakukan adalah (1) deskripsi kebermaknaan mata kuliah praktik pembelajaran mikro social support self confidence pada pelaksanaan pengalaman lapangan persekolahan (2) mengungkap hubungan secara parsial antara kebermaknaan mata kuliah praktik pembelajaran mikro (X1) dengan self confidence (Y) (3) mengungkap hubungan secara parsial antara social support (X2) dengan self confidence (4) mengungkap hubungan secara simultan antara kebermaknaan mata kuliah praktik pembelajaran mikro (X1) dan social support (X2) dengan self confidence (Y). Penelitian dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan penelitian deskriptif korelasional. Sampel pada penelitian adalah mahasiswa prodi S1 Pendidikan Teknik Elektro angkatan 2020 yang telah menempuh mata kuliah Praktik Pembelajaran Mikro dan melaksanakan Pengalaman Lapangan Persekolahan (PLP) di SMK. Berjumlah 50 mahasiswa. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa mahasiswa PTE angakatan 2020 variabel X1 berada pada kategori rendah dengan persentase 48% variabel X2 berada pada kategori rendah dengan persentase 38% sedangkan variabel Y berada pada kategori rendah juga dengan persentase 48%. Hubungan parsial antara X1 dan Y adalah sig 0 000 lt 0 05 dan antara X2 dan Y adalah sig 0 000 lt 0 05 untuk hubungan simultan antara X1 dan X2 dengan Y sig.F 0 000 lt 0 05 dengan nilai R 0 588. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa variabel X1 X2 Y mahasiswa PTE angkatan 2020 pada kategori rendah. Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara X1 dan X2 terhadap Y dan juga ada hubungan yang positif dan signifikan simultan antara X1 dan X2 dan Y.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: library UM
Date Deposited: 24 Jan 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/315462

Actions (login required)

View Item View Item