Mubasyir, Latif Mubasyir (2023) Perbedaan hasil belajar gambar teknik listrik menggunakan model pembelajaran discovery learning berbasis luring dan berbasis blended learning pada siswa kelas x di smk al arif gempol / Latif Mubasyir. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Mubasyir Latif. 2020. Perbedaan Hasil Belajar Gambar Teknik Listrik Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbasis Luring dan Berbasis Blended Learning Pada Siswa Kelas X di SMK Al Arif Gempol. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Teknik Elektro. Departemen Teknik Elektro dan Informatika. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Hari Putranto M.Pd. Kata Kunci Perbedaan hasil belajar Gambar Teknik Listrik model pembelajaran Discovery Learning berbasis luring model pembelajaran Discovery Learning berbasis Blended Learning. Penelitian ini dilatarbelakangi proses pembelajaran yang masih belum sesuai yang diharapkan rendahnya hasil belajar dan pencapaian hasil belajar Gambar Teknik Listrik siswa kelas X di SMK Al-Arif Gempol. Penelitian ini bertujuan menganalisis perbedaan hasil belajar siswa antara metode Luring dan Blended Learning pada model Discovery Learning pada siswa Kelas X TITL di SMK Al-Arif Gempol dalam mata pelajaran gambar teknik listrik. Penelitian ini menerapkan metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan Quasi Experimental Design. Pengumpulan data dilakukan melalui penggunaan instrumen berupa tes pilihan ganda. Kelas X TITL 1 menjalani model pembelajaran Discovery Learning berbasis luring sementara kelas X TITL 2 mengikuti model pembelajaran Discovery Learning berbasis Blended Learning. Dari hasi1 pene1itian ini dihasi1kan data (1) terdapat peningkatan hasi1 be1ajar sebesar 16 00 ketika menerapkan mode1 Discovery Learning berbasis 1uring (2) terdapat peningkatan hasi1 be1ajar sebesar 25 1667 ketika menerapkan mode1 Discovery Learning berbasis b1ended 1earning (3) terdapat perbedaan yang signifikan da1am hasi1 be1ajar siswa ditunjukkan o1eh ni1ai signifikansi (2-tai1ed) sebesar 0 011 atau alpha lt 0 05 (4) uji N-Gain Score menunjukkan bahwa mode1 pembe1ajaran Discovery Learning berbasis b1ended 1earning sebesar 17 8609% 1ebih efektif. Kesimpu1an dari pene1itian ini ada1ah (1) terjadi peningkatan hasi1 be1ajar saat menerapkan mode1 pembe1ajaran Discovery Learning berbasis 1uring (2) terjadi peningkatan hasi1 be1ajar saat menerapkan mode1 pembe1ajaran Discovery Learning berbasis Blended Learning (3) terdapat perbedaan hasi1 be1ajar antara penerapan mode1 pembe1ajaran Discovery Learning berbasis berbasis 1uring dan Blended Learning (4) mode1 pembe1ajaran Discovery Learning berbasis Blended Learning 1ebih efektif.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 15 Jan 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/315455 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |