Pengembangan media pembelajaran berbasis board game untuk mengetahui tingkat minat belajar siswa pada materi pengenalan komponen mata pelajaran instalasi penerangan listrik / Rafika Setyawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran berbasis board game untuk mengetahui tingkat minat belajar siswa pada materi pengenalan komponen mata pelajaran instalasi penerangan listrik / Rafika Setyawan

Setyawan, Rafika Setyawan (2023) Pengembangan media pembelajaran berbasis board game untuk mengetahui tingkat minat belajar siswa pada materi pengenalan komponen mata pelajaran instalasi penerangan listrik / Rafika Setyawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Media pembelajaran sangat penting digunakan dalam pembelajaran untuk memudahkan siswa memahami materi sekaligus mengetahui tingkat minat belajar siswa. Siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi komponen instalasi penerangan listrik yang berakibat menurunnya minat belajar siswa dan akan berpengaruh pada hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis board game dan hasil peningkatan minat belajar siswa pada materi komponen instalasi penerangan listrik. Metode penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah ADDIE (Analysis Design Development Implementation Evaluation). Subjek penelitian adalah siswa SMK Turen Kelas XI-TITL 1 dan 2 sejumlah 47 siswa yang terbagi dalam uji coba kelompok kecil (12 siswa) dan uji coba kelompok besar (35 siswa). Uji coba dilakukan dengan melakukan pembelajaran menggunakan media pembelajaran yang dikembangkan. Instrumen yang digunakan telah melalui uji validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian ini berupa media pembelajaran berbasis board game pada materi pengenalan komponen instalasi penerangan listrik. Hasil validasi materi dan media berada dalam kategori sangat layak dengan skor kelayakan 96 42% untuk materi dan skor 94 61% untuk media. Kemudian hasil kelayakan media pada tahap uji coba berada dalam kategori sangat layak dengan skor kelayakan 94 67% pada uji coba kelompok kecil dan 93 38% pada uji kelompok besar. Hasil tingkat minat belajar pada uji coba kelompok kecil berada dalam kategori sedang dengan nilai standard gain sebesar 0.508 dan tingkat minat belajar pada uji coba kelompok besar berada dalam kategori rendah dengan nilai standard gain sebesar 0.299.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: library UM
Date Deposited: 21 Dec 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/315438

Actions (login required)

View Item View Item