Ahady, Muhammad Ridlwan Ahady (2023) Pengembangan trainer pembelajaran knx smart home system pada mata pelajaran instalasi penerangan listrik untuk siswa kelas xii jurusan teknik instalasi tenaga listrik di smk negeri 6 malang / Muhammad Ridlwan Ahady. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Seiring dengan perkembangan zaman sistem rumah pintar atau smart home/building juga berkembang dengan pesatnya. Banyak platform yang mengembangkan standar untuk aplikasi smart home salah satunya adalah KNX. KNX adalah sebuah standar untuk sistem rumah pintar yang berjalan dengan basis jaringan bus yang digunakan untuk mengontrol perangkat dan instalasi yang ada di dalamnya secara otomatis dan terprogram. Mata pelajaran instalsi penerangan listrik yang diajarkan di program keahlian instalasi tenaga listrik SMK Negeri 6 Malang yang memiliki kompetensi dasar tentang penerapan smart building menggunakan komponen KNX sebagai sarana pembelajaran. Hanya saja wujud dari komponen KNX yang ada saat ini masih berupa satuan belum dirangkai dan dibentuk sedemikian agar memudahkan pembelajaran. Dengan demikian diperlukan sebuah perangkat berupa trainer pembelajaran KNX Smart Home System untuk memudahkan kegiatan penyampaian teori dan praktikum siswa. Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan trainer pembelajaran KNX beserta jobsheet dan manual book menggunakan model pengembangan Research and Development dari buku Sugiyono. Instrumen yang digunakan adalah angket yang tediri dari dua instrumen yaitu instrumen validasi produk dan instrumen uji coba produk. Instrumen validasi produk ditujukan untuk ahli 1 ahli 2 dan ahli 3. Sedangkan instrumen uji coba produk ditujukan untuk siswa Kelas XII TITL di SMK Negeri 6 Malang yang sedang menempuh Mata Pelajaran Instalasi Penerangan Listrik. Hasil dari penelitian ini adalah trainer pembelajaran KNX Smart Home System beserta jobsheet dan manual book yang telah diuji dan diketahui tingkat kelayakannya sebagai berikut (1) nilai validitas dari ahli dinyatakan sangat valid dengan nilai rata-rata nilai validitas 97 22% untuk trainer 94 78% untuk jobsheet dan 97 22% untuk manual book (2) nilai kelayakan pada tahap uji coba produk dan uji coba penggunaan juga dinyatakan sangat valid dengan rata rata nilai kelayakan 92 89% untuk trainer 92 84% untuk jobsheet dan 93 09% untuk manual book. Hasil tes pengetahuan menunjukkan tidak ada siswa yang mendapatkan nilai di bawah KKM. Jadi produk trainer jobsheet dan manual book yang dibuat layak dan dapat digunakan dalam pembelajaran. Saran dari penelitian ini adalah mengembangkan lebih lanjut produk trainer untuk dihubungkan dengan sensor atau perangkat otomasi lain untuk produk jobsheet diperluas kembali fungsi dari parameter perangkat KNX untuk memaksimalkan fungsinya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 08 Nov 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/315378 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |