Habibah, Ummi (2014) Pengaruh leader member exchange terhadap komitmen organisasi melalui kepuasan kerja (studi pada karyawan Hotel Kartika Graha Malang) / Ummi Habibah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Habibah Ummi. 2014. Pengaruh Leader Member Exchange Terhadap Komitmen Organisasi Melalui Kepuasan Kerja (Studi pada Karyawan Hotel Kartika Graha Malang). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Prof. Dr. Budi Eko Soetjipto M.Ed. M.Si. (II) Dr. Ludi Wishnu Wardana S.T. S.Pd. S.E. M.M. Kata kunci Leader Member Exchange Kepuasan Kerja Komitmen Organisasi. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini dilakukan di Hotel Kartika Graha Malang yang bergerak dalam bidang jasa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Pengaruh langsung Leader Member Exchange (LMX) terhadap kepuasan kerja (2) Pengaruh langsung Leader Member Exchange (LMX) terhadap komitmen organisasi (3) Pengaruh langsung kepuasan kerja terhadap komitmen organisasi dan (4) Pengaruh tidak langsung Leader Member Exchange (LMX) dan kepuasan kerja terhadap komitmen organisasi. Penelitian ini menggunakan penelitian eksplanatoris (explanatory research). Populasi yang dipilih adalah karyawan Hotel Kartika Graha Malang sebanyak 133 karyawan. Pengambilan sampel penelitian ini dilakukan dengan rumus Slovin dengan hasil sampel sebanyak 100 responden dan teknik pengambilan sampel menggunakan proportionate random sampling serta metode analisis yang digunakan adalah analisis jalur (Path Analysis). 12288 12288 12288 12288 Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Leader Member Exchange (LMX) berpengaruh secara langsung dan signifikan terhadap kepuasan kerja 2) Leader Member Exchange (LMX) berpengaruh secara langsung dan signifikan terhadap komiten organisasi 3) Kepuasan kerja berpengaruh secara langsung dan signifikan terhadap komitmen organisasi dan 4) Leader Member Exchange (LMX) berpengaruh secara tidak langsung yang signifikan terhadap komitmen organisasi melalui kepuasan kerja karyawan Hotel Kartika Graha Malang. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil penelitian di atas saran yang bisa diberikan adalah sebaiknya pihak manajemen Hotel Kartika Graha Malang lebih mengutamakan kualitas Leader Member Exchange dengan cara menjalin komunikasi yang baik dengan setiap karyawan untuk meningkatkan kepuasan karyawan sehingga dapat mempengaruhi tingginya komitmen karyawan pada Hotel Kartika Graha Malang selain itu penting bagi Hotel Kartika Graha Malang lebih meningkatkan keahlian dan kemampuan atasan serta menumbuhkan situasi dan kondisi kerja yang kondusif sehingga karyawan merasa nyaman untuk tetap bekerja di Hotel Kartika Graha Malang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 26 Jun 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/31537 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |