Pengaruh perubahan Capital Adequacy Ratio (CAR), Dana Pihak Ketiga (DPK) dan Non Performing Loan (NPL) terhadap jumlah penyaluran kredit (studi pada Bank Umum Pemerintah tahun 2012) / Rizky Fadilla Prayoga - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh perubahan Capital Adequacy Ratio (CAR), Dana Pihak Ketiga (DPK) dan Non Performing Loan (NPL) terhadap jumlah penyaluran kredit (studi pada Bank Umum Pemerintah tahun 2012) / Rizky Fadilla Prayoga

Prayoga, Rizky Fadilla (2014) Pengaruh perubahan Capital Adequacy Ratio (CAR), Dana Pihak Ketiga (DPK) dan Non Performing Loan (NPL) terhadap jumlah penyaluran kredit (studi pada Bank Umum Pemerintah tahun 2012) / Rizky Fadilla Prayoga. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Prayoga Rizky. F. 2013. Pengaruh Perubahan Capital Adequacy Ratio (CAR) Dana Pihak Ketiga (DPK) dan Non Performing Loan (NPL) terhadap Jumlah Penyaluran Kredit (Studi pada Bank Umum Pemerintah Tahun 2012). Skripsi Jurusan Manajemen Konsentrasi Keuangan Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Mohammad Hari M.Si. (II) Fadia Zen S.E. M.M. Kata Kunci Capital Adequacy Ratio (CAR) Dana Pihak Ketiga (DPK) Non Performing Loan (NPL) Jumlah Penyaluran Kredit. 12288 12288 12288 12288 12288 Bank sebagai lembaga intermediasi memiliki fungsi untuk menghimpun dana dari masyarakat yang kelebihan dana (surplus) dan menyalurkannya pada masyarakat yang membutuhkan dana (defisit). Berdasarkan fungsi tersebut bank memiliki tanggung jawab untuk menyalurkan dananya dalam bentuk kredit. Penyaluran kredit tersebut dapat dipengaruhi oleh faktor eksternal maupun internal. Penelitian ini menguji tentang pengaruh faktor internal terhadap jumlah penyaluran kredit. Faktor internal yang digunakan dalam penelitian ini adalah CAR DPK dan NPL. 12288 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan dua macam statistik yaitu statistik deskriptif dan statistik inferensial. Populasi dalam penelitian ini adalah bank umum pemerintah sedangkan sampel diambil secara purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil dari penelitian ini adalah (1) kondisi rata-rata penyaluran kredit pada bank umum pemerintah tahun 2012 mengalami tren naik CAR mengalami tren turun DPK mengalami tren naik sedangkan NPL mengalami tren turun (2) perubahan CAR secara parsial berpengaruh signifikan dan positif terhadap jumlah penyaluran kredit (3) perubahan DPK secara parsial berpengaruh signifikan dan positif terhadap jumlah penyaluran kredit (4) perubahan NPL secara parsial berpengaruh signifikan dan negatif terhadap jumlah penyaluran kredit (5) perubahan CAR DPK dan NPL secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap jumlah penyaluran kredit. Kontribusi variabel CAR DPK dan NPL terhadap jumlah penyaluran kredit adalah sebesar 84 9%. 12288 12288 12288 12288 12288 Dalam penelitian ini peneliti juga memberikan beberapa saran. Pertama bagi Bank Indonesia diharapkan agar melakukan penelitian lanjutan mengenai pengaruh aspek internal/eksternal perbankan terhadap jumlah penyaluran kredit pada bank-bank yang ada di Indonesia. Kedua bagi peneliti diharap menambah rantan waktu penilitian mengembangkan objek penelitian dan menggunakan variabel-variabel lain yang mempengaruhi jumlah penyaluran kredit. Ketiga bagi perbankan diharap dapat memperhatikan aspek-aspek CAR DPK dan NPL terhadap penyaluran kredit. Keempat dengan mengetahui hasil dari penelitian ini diharapkan investor dan kreditur dapat mempertimbangkan keputusannya dalam berinvestasi maupun pengajuan kredit.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: library UM
Date Deposited: 21 Feb 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/31503

Actions (login required)

View Item View Item