Sholichah, Nunuk Zumrotin (2010) Keefektifan manajemen jaringan pendidikan nasional di SD Negeri se-Kota Malang / Nunuk Zumrotin Sholichah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Sholichah N. Z.. 2008. Keefektifan Manajemen Jaringan Pendidikan Nasional di SD Negeri se-Kota Malang. Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Imron Arifin M.Pd (II) Drs. Agus Timan M.Pd. Kata kunci keefektifan manajemen jaringan pendidikan nasional. Semakin pesatnya teknologi informasi dan komunikasi menuntut dunia pendidikan untuk ikut mempelajari dan memanfaatkannya untuk kepentingan mempercepat keberhasilan tujuan pendidikan melalui pemerataan penyebaran informasi dan ilmu pengetahuan. Hal inilah yang memberikan inspirasi bagi pendidikan nasional untuk menciptakan suatu jaringan yang dapat memberikan layanan informasi yang akurat dan mudah didapat salah satunya yaitu dengan menciptakan Jaringan Pendidikan Nasional (Jardiknas). Dengan jardiknas diharapkan dapat menghubungkan sekolah-sekolah dinas/instansi lembaga-lembaga yang terkait dengan sebuah jaringan komputer. Jardiknas akan menghubungkan seluruh lembaga pendidikan dalam sebuah jaringan informasi nasional. Diharapkan dengan jaringan ini seluruh data informasi ilmu pengetahuan dan teknologi dapat diakses secara merata keseluruh wilayah nusantara. Dengan demikian tidak ada lagi kesenjangan antar daerah dalam menerima informasi maupun pengetahuan. Masalah umum dalam penelitian ini adalah apakah manajemen jardiknas di SD Negeri se-Kota Malang efektif Sedangkan masalah khususnya meliputi (1) apakah perencanaan jardiknas di SD Negeri se-Kota Malang efektif (2) apakah pengorganisasian jardiknas di SD Negeri se-Kota Malang efektif (3) apakah pelaksanaan jardiknas di SD Negeri se-Kota Malang efektif dan (4) apakah pengawasan Jardiknas di SD Negeri se-Kota Malang efektif Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Variabel penelitian ini adalah keefektifan jardiknas yang meliputi keefektifan perencanaan jardiknas keefektifan pengorganisaian jardiknas keefektifan pelaksanaan jardiknas dan keefektifan pengawasan jardiknas. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri se-Kota Malang yang sudah melaksanakan jardiknas. Jumlah populasinya adalah 153 sekolah yang tersebar pada 5 kecamatan di Kota Malang. Teknik pengambilan sampel dari penelitian ini adalah teknik proportional random sampling. Proportional digunakan karena jumlah SD Negeri pada tiap kecamatan tidak sama. Teknik random sampling merupakan metode dengan pemilihan sampel secara acak dimana setiap populasi mempunyai kesempatan yang sama untuk dipilih sebagai sampel. Peneliti menggunakan formula Slovin dalam pengambilan atau penetapan jumlah sampel. Dari perhitungan tersebut jumlah sampelnya adalah 111 sekolah. Adapun responden dalam penelitian ini adalah kepala sekolah. Penggunaan manajemen jardiknas secara umum adalah sudah sangat efektif hal ini dapat dilihat dari hasil penelitian dari 111 responden 109 (98 20%) responden menyatakan sangat efektif dan 2 (1 80%) menyatakan efektif dan tidak dijumpai responden yang menyatakan tidak efektif serta sangat tidak efektif (0%). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) Manajemen jaringan pendidikan nasional (jardiknas) di SD Negeri se-Kota Malang sudah sangat efektif (2) Perencanaan jardiknas di SD Negeri se-Kota Malang sudah sangat efektif (3) Pengorganisasian jardiknas di SD Negeri se-Kota Malang sudah sangat efektif (4) Pelaksanaan jardiknas di SD Negeri se-Kota Malang sudah sangat efektif (5) Pengawasan jardiknas di SD Negeri se-Kota Malang sudah sangat efektif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah diuraikan maka saran-saran yang diajukan adalah (1) Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang supaya mengalokasikan dana khusus untuk jardiknas di sekolah dan lebih meningkatkan lagi sarana jardiknas agar dapat memberikan informasi yang bermanfaat dalam pelaksanaan jardiknas di SD Negeri se-Kota Malang (2) Kepala SD Negeri se-Kota Malang untuk lebih meningkatkan keefektifan pelaksanaan jardiknas agar diperoleh kualitas pendidikan yang baik dan dapat menjadi contoh bagi sekolah-sekolah lain yang belum melaksanakan jardiknas dan selanjutnya jardiknas tidak hanya pada kepala sekolah tetapi pada guru dan staf juga (3) Kepala Sekolah lain untuk bisa menerapkan pelaksanaan jardiknas agar dapat bersaing dan tidak tertinggal dengan adanya informasi-informasi yang baru (4) Ketua Jurusan Administrasi Pendidikan dapat dijadikan informasi yang dapat digunakan sebagai salah satu bahan kajian dalam mengembangkan ilmu Sistem Informasi Manajemen (5) Peneliti lain diharapkan hasil dari penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan bandingan penelitian sejenis dengan substansi yang sama atau penelitian lanjutan dengan mengembangkan ilmu pengetahuan. KATA PENGANTAR Puji syukur kehadirat Allah SWT yang senantiasa melimpahkan rahmat taufik hidayah dan inayah-Nya sehingga skripsi yang berjudul Keefektifan Manajemen Jaringan Pendidikan Nasional di SD Negeri se-Kota Malang dapat terselesaikan. Salam dan sholawat tersampaikan kepada nabi Muhammad SAW. Kelancaran penyusunan skripsi ini tidak lepas dari bantuan bimbingan dan motivasi berbagai pihak oleh karena itu sudah seyogyanya penulis mengucapkan terima kasih kepada 1. Bapak Dr. H. Imron Arifin M.Pd selaku Pembimbing I yang dengan sabar memberi petunjuk bimbingan dan nasehat sehingga skripsi ini segera terselesaikan. 2. Bapak Drs. Agus Timan M.Pd selaku dosen Pembimbing II yang telah memberikan bimbingan pengarahan dan masukan selama penulisan skripsi. 3. Bapak Drs. H. Ali Imron M.Pd M.Si selaku dosen Penguji Utama yang telah memberikan begitu banyak saran dan masukan kepada penulis. 4. Bapak Prof. Dr. H. Hendyat Soetopo M.Pd selaku Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Malang yang telah memberikan persetujuan permohonan ijin penelitian. 5. Ibu Dra. Maisyaroh M.Pd selaku Ketua Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang yang telah memberikan arahan pada penulis mulai dari masuk hingga lulus kuliah. 6. Bapak dan Ibu Dosen FIP Universitas Negeri Malang Jurusan Administrasi Pendidikan yang banyak memberikan bekal ilmu yang bermanfaat bagi penulis. 7. Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang yang telah memberikan persetujuan permohonan ijin penelitian di SD Negeri se-Kota Malang. 8. Kepala sekolah SD Negeri se-Kota Malang yang dengan tulus ikhlas meluangkan waktu dan tenaganya untuk membantu penulis dalam mengambil data penelitian. 9. Ibu Hj. Siti Malichah dan ayah H. Fakeh Sholeh tersayang yang selalu mendukung penuh baik dalam segi finansial maupun spiritual sehingga sekripsi ini dapat terselesaikan juga suamiku tercinta Ari P. yang selalu mendampingi sehingga menjadi motivasi terbesar bagi peneliti. 10. Semua pihak yang tidak dapat penulis sebut satu persatu yang telah membantu baik moril maupun materiil sehingga terselesaikannya skripsi ini. Teriring salam dan doa semoga segala amal kebaikan Bapak Ibu Saudara sekalian mendapat imbalan dari Allah SWT. Sebagai manusia biasa penulis menyadari bahwa dalam penulisan skripsi ini masih terdapat banyak kekurangan. Oleh karena itu penulis mohon maaf apabila ada kekurangan dan kesalahan dalam penulisan skripsi ini. Akhirnya penulis berharap semoga skripsi ini tidak hanya bermanfaat bagi penulis tapi juga dapat bermanfaat bagi pembaca. Malang 27 Juli 2008
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Mar 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/3147 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |