Pengembangan media pembelajaran berbentuk game interaktif pada mata pelajaran elemen statika berbasis cybergogy untuk meningkatkan minat belajar siswa smk / SYAHRULI ARDHI WINATA - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran berbentuk game interaktif pada mata pelajaran elemen statika berbasis cybergogy untuk meningkatkan minat belajar siswa smk / SYAHRULI ARDHI WINATA

Winata, Syahruli Ardhi Winata (2024) Pengembangan media pembelajaran berbentuk game interaktif pada mata pelajaran elemen statika berbasis cybergogy untuk meningkatkan minat belajar siswa smk / SYAHRULI ARDHI WINATA. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dalam proses pembelajaran di Sekolah Menengah Kejuruan masih sangat jarang guru yang menggunakan media pembelajaran terkini karena terdapat perubahan kurikulum baru yaitu Kurikulum Merdeka. Selain itu saat proses pembelajaran di kelas ditemukan banyak siswa yang memperbincangkan dan memainkan game yang tidak bersifat edukatif sehingga berdampak negatif bagi siswa. Kemudian ditemukan juga bahwa minat siswa pada mata pelajaran Elemen Statika masih kurang dan mereka kesulitan dalam memahami materi. Oleh karena itu diperlukan media pembelajaran untuk mengatasi permasalahan yang ada. Tujuan dari penelitian yang dilakukan yaitu (1) menghasilkan media pembelajaran berupa game interaktif pada mata pelajaran Elemen Statika berbasis cybergogy untuk meningkatkan minat belajar siswa SMK (2) mengetahui kelayakan dan kemenarikan media pembelajaran berbentuk game interaktif pada mata pelajaran Elemen Statika berbasis cybergogy untuk digunakan siswa SMK. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu Penelitian dan Pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE. Objek dalam penelitian ini adalah media pembelajaran berbentuk game interaktif berbasis cybergogy sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran Elemen Statika untuk kelas X program keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan (DPIB) SMK Negeri 1 Blitar tahun ajaran 2022/2023. Subjek dalam penelitian ini yaitu 35 siswa kelas X DPIB SMK Negeri 1 Blitar dan 16 siswa kelas XI dan XII SMK Katolik Santo Yusup Blitar. Jenis data yang digunakan yaitu data kuantitatif dan data kualitatif. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi kuesioner studi literatur dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil dari penelitian ini yaitu media pembelajaran berbentuk game interaktif pada mata pelajaran Elemen Statika berbasis cybergogy untuk meningkatkan minat belajar siswa SMK. Media pembelajaran yang dikembangkan terbukti valid dan layak digunakan sebagai media pembelajaran dengan perolehan skor dari ahli materi sebesar 3.61 dengan kategori ldquo Valid dan Layak rdquo ahli media sebesar 4.00 dengan kategori ldquo Valid dan Layak rdquo dan ahli bahasa sebesar 3.00 dengan kategori ldquo Valid dan Layak rdquo . Game interaktif yang dikembangkan juga terbukti memiliki kemenarikan sebagai media pembelajaran dengan skor rata-rata akhir uji coba produk di SMK Negeri 1 Blitar sebesar 3.21 dengan kategori ldquo Menarik rdquo dan di SMK Santo Yusup Blitar sebesar 3.17 dengan kategori ldquo Menarik rdquo . Dari hasil validasi ahli dan uji coba produk diperoleh rata-rata akhir dari keseluruhan validasi yaitu 3.54 dan rata-rata uji coba produk yaitu sebesar 3.21 sehingga dapat disimpulkan bahwa produk yang dikembangkan layak dan memiliki kemenarikan sebagai media pembelajaran untuk siswa kelas X DPIB SMK.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 08 Jan 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/314526

Actions (login required)

View Item View Item