Pengembangan lembar kerja praktikum teknik pemesinan frais untuk kelas XII di SMKN 1 Singosari / Hendrawan Putra Widyatama - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan lembar kerja praktikum teknik pemesinan frais untuk kelas XII di SMKN 1 Singosari / Hendrawan Putra Widyatama

Widyatama, Hendrawan Putra (2023) Pengembangan lembar kerja praktikum teknik pemesinan frais untuk kelas XII di SMKN 1 Singosari / Hendrawan Putra Widyatama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Teknik Pemesinan Frais adalah salah satu mata pelajaran yang terdapat di Jurusan Teknik Pemesinan SMKN 1 Singosari. Dalam proses pembelajaran bahan ajar berperan penting sebagai sarana penyalur atau penyampai materi kepada siswa. Bahan ajar yang baik yaitu bahan ajar yang mampu membantu siswa dalam memahami materi yang dipelajari. Pelaksanaan pembelajaran praktikum pada kelas XII SMKN 1 Singosari masih belum menggunakan lembar kerja praktikum siswa masih terbiasa dengan cara membuka Smartphone di depan mesin ketika sedang melakukan kegiatan praktikum. Hal ini sangat melanggar ketentuan K3 dan dapat membahayakan keselamatan siswa. Dengan dikembangkannya bahan ajar berbentuk Lembar kerja Praktikum ini diharapkan dapat membantu guru maupun siswa dalam pelaksanaan kegiatan praktikum di SMKN 1 Singosari. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan metode research and development (R amp D) dengan model ADDIE yang memiliki lima tahap yaitu (1) Tahap analyze yaitu proses analisis potensi masalah serta materi dan bahan ajar yang dibutuhkan (2) Tahap design yaitu pembuatan rancangan bahan ajar berdasarkan analisi yang telah dilakukan (3) Tahap development yaitu pembuatan materi dan bahan ajar yang selanjutnya akan menghasilkan produk akhir sesuai berdasarkan penilaian masukan dan revisi dari ahli media yaitu dosen DTMI FT UM dan ahli materi yaitu guru pengampu mata pelajaran Teknik Pemesinan Frais kelas XII (4) Tahap implementation yaitu pelaksanaan uji coba produk dalam skala kecil dan besar oleh responden/ siswa yaitu siswa kelas XII TPM dan (5) Tahap evaluation yaitu evaluasi terhadap pelaksanaan penelitian pengembangan dan produk yang dihasilkan. Hasil penelitian dan pengembangan yang telah dilakukan selanjutnya dikaji untuk mengukur apakah produk media pembelajaran yang dihasilkan layak untuk digunakan dan diterapkan pada proses pembelajaran. Hasil penilaian oleh validator ahli media diperoleh persentase 73% dengan kategori ldquo layak rdquo . Hasil Penilaian oleh validator ahli materi diperoleh persentase 86% dengan kategori ldquo sangat layak rdquo . Hasil uji coba kelompok kecil yang dilaksanakan oleh 10 orang siswa diperoleh hasil persentase 92% dengan kategori ldquo sangat valid rdquo . Hasil uji coba kelompok besar yang dilaksanakan oleh 30 orang siswa diperoleh persentase 93% dengan kategori ldquo sangat valid rdquo . Berdasarkan hasil persentase tersebut produk yang dihasilkan layak digunakan dalam proses pembelajaran di kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: library UM
Date Deposited: 14 Mar 2023 04:29
Last Modified: 23 Sep 2024 07:11
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/313936

Actions (login required)

View Item View Item