Faadilah, Farah Faadilah (2024) Perbedaan academic cheating dalam pembelajaran luring dan daring siswa smk akuntansi / FARAH FAADILAH. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Eksistensi pendidikan selalu menyesuaikan dengan kemajuan teknologi informasi khususnya transformasi digital salah satunya metode blended learning yang memadukan pembelajaran luar jaringan (luring) dan dalam jaringan (daring). Hal tersebut menunjukkan bahwa pendidikan telah beradaptasi untuk mengupayakan percepatan transformasi digital. Namun di sisi lain transformasi ini memberikan peluang besar kepada siswa untuk melakukan perilaku kecurangan akademik. Menurut fraud hexagon theory ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi perilaku kecurangan akademik antara lain tekanan kesempatan rasionalisasi arogansi kolusi dan kemampuan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan tingkat kecurangan akademik pada jenis pembelajaran luring dan daring dari perspektif Fraud Hexagon Theory dengan meninjau sisi perbedaannya. Metode penelitian menggunakan jenis pendekatan kuantitatif jenis eksplanasi pengambilan data survei bersifat komparatif. Data diperoleh melalui angket melalui Google Form dengan sampel 158 siswa/i Jurusan Akuntansi SMK Islam Batu jenjang kelas X XI dan XII. Pengumpulan data menggunakan kuesioner tertutup. Analisis pengolahan data menggunakan uji Hotteling rsquo s Test. Hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa tingkat kecurangan akademik karena faktor tekanan arogansi dan kemampuan pada pembelajaran luring lebih rendah daripada pembelajaran daring. Sedangkan tingkat kecurangan akademik karena faktor kesempatan kolusi dan rasionalisasi tidak terdapat perbedaan pada pembelajaran luring dan daring. Kata Kunci Fraud Hexagon Theory Kecurangan Akademik Pembelajaran Daring Pembelajaran Luring
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 24 Jun 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/313610 |
Actions (login required)
View Item |