Istyaningputri, Cyntia Mega Istyaningputri (2022) Faktor-faktor yang memengaruhi kemandirian belajar siswa akuntansi di smk cendika bangsa kepanjen / Cyntia Mega Istyaningputri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kemandirian belajar siswa jurusan Akuntansi dan Lembaga di SMK Cendika Bangsa Kepanjen dirasa kurang. Hal ini dibuktikan melalui wawancara dengan guru dan pengamatan di kelas bahwa lebih dari separuh siswa menujukkan perilaku yang belum memiliki kemandirian belajar yang baik. Kemandirian belajar adalah implikasi dari teori konstruktivisme. Teori konstruktivisme dapat membentuk kemandirian belajar siswa karena siswa dituntut untuk dapat membentuk pengetahuannya sendiri. Tiga faktor yang memengaruhi kemandirian belajar yakni motivasi kreativitas dan kepercayaan diri. Sehingga penelitian ini menguji pengaruh motivasi kreativitas dan tingkat percaya diri siswa terhadap kemandirian belajar.Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kuantitatif eksplanatif dengan teknik analisis regresi berganda. Teknik pengumpulan data melalui kuesioner yang berskala Likert 1-4. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Akuntansi SMK Cendika Bangsa Kepanjen dan menggunakan purposive sample sebagai teknik pengambilan sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kemandirian belajar sebesar 0 274 kreativitas juga berpengaruh terdap kemandirian belajar dengan hasil 0 214 dan kepercayaan diri mempengaruhi kemandirian belajar sebesar 0 371. Sehingga seluruh faktor yang diteliti berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kemandirian belajar siswa Akuntansi SMK Cendika Bangsa Kepanjen
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 17 May 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/313594 |
Actions (login required)
View Item |