Pengaruh konformitas teman sebaya dan tekanan akademik terhadap kecurangan akademik pada siswa smkn 2 blitar dengan conscientiousness sebagai variabel moderating / Hilda Wahyu Islamiyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh konformitas teman sebaya dan tekanan akademik terhadap kecurangan akademik pada siswa smkn 2 blitar dengan conscientiousness sebagai variabel moderating / Hilda Wahyu Islamiyah

Islamiyah, Hilda Wahyu Islamiyah (2023) Pengaruh konformitas teman sebaya dan tekanan akademik terhadap kecurangan akademik pada siswa smkn 2 blitar dengan conscientiousness sebagai variabel moderating / Hilda Wahyu Islamiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konformitas teman sebaya dan tekanan akademik serta pengaruh variabel moderasi conscientiousness terhadap kecurangan akademik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksplanasi dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa di SMKN 2 Blitar dengan teknik penentuan jumlah sampel menggunakan proportionate stratified random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner. Teknik analisis data menggunakan Moderated Regression Analysis (MRA) melalui uji-t dan uji interaksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konformitas teman sebaya dan tekanan akademik berpengaruh positif terhadap kecurangan akademik. Kepribadian conscientiousness terbukti dapat memoderasi pengaruh tekanan akademik dalam menekan hasrat peserta didik untuk melakukan kecurangan akademik. Namun conscientiousness tidak dapat memoderasi pengaruh konformitas teman sebaya terhadap praktik kecurangan akademik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Dec 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/313524

Actions (login required)

View Item View Item