Pengaruh persepsi mahasiswa tentang pembelajaran akuntansi secara daring terhadap motivasi belajar mahasiswa pendidikan akuntansi. / SYAHRIN NURIL ROHMAWANTI - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh persepsi mahasiswa tentang pembelajaran akuntansi secara daring terhadap motivasi belajar mahasiswa pendidikan akuntansi. / SYAHRIN NURIL ROHMAWANTI

Rohmawanti, Syahrin Nuril Rohmawanti (2022) Pengaruh persepsi mahasiswa tentang pembelajaran akuntansi secara daring terhadap motivasi belajar mahasiswa pendidikan akuntansi. / SYAHRIN NURIL ROHMAWANTI. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pemerintah menghimbau untuk melakukan kegiatan pembelajaran dari rumah semenjak adanya pandemi COVID-19 pada awal tahun 2020 yang lalu. Hal itu memaksa proses belajar dan mengajar dilakukan secara daring dengan menggunakan aplikasi digital. Namun demikian banyak penelitian terdahulu mengungkapkan bahwa pembelajaran daring mengakibatkan terjadinya penurunan motivasi belajar pada mahasiswa. Di sisi lain motivasi belajar berperan penting sebagai pendorong perilaku belajar mahasiswa. Oleh karenanya variabel-variabel yang berkaitan dengan motivasi belajar mahasiswa perlu diteliti lebih lanjut. Penelitian ini bertujuan untuk menguji korelasi antara pembelajaran Akuntasi secara daring yang dapat ditinjau dari persepsi mahasiswa terhadap metode mengajar daring terhadap motivasi belajar mahasiswa. Penelitian ini dilakukan dengan berlandaskan pada teori sosial kognisi utamanya pada teori triadic reciprocal approach. Sebagaimana perspektif teori sosial kognisi penelitian ini melibatkan variabel pada konteks personal dan lingkungan siswa. Pada konteks personal penelitian ini melibatkan variabel motivasi belajar sedangkan pada konteks lingkungan penelitian ini melibatkan variabel persepsi mahasiswa tentang metode mengajar daring. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan penelitian korelasional. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan akuntansi angkatan 2018 dan 2019. Jumlah subjek penelitian yang terlibat sebanyak 178 mahasiswa. Proses pemilihan responden menggunakan teknik proportional random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) skala persepsi mahasiswa tentang metode mengajar daring dan (2) motivasi belajar yang mana secara keseluruhan dikonstruksi oleh peneliti berdasarkan topangan teoretis masing-masing variabel. Penelitian ini menggunakan teknik analisis statistik deskriptif uji asumsi klasik dan uji hipotesis menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil uji analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa mahasiswa mempersepsikan metode mengajar dosen secara daring telah menggambarkan tujuan pembelajaran mahasiswa menguasai materi pelajaran dengan mudah suasana pembelajaran yang kondusif dosen berperforma bagus saat menyajikan pembelajaran dan mampu memfasilitasi mahasiswa dengan baik. Sementara itu pada variabel motivasi belajar mahasiswa telah mempersepsikan motivasi belajarnya secara positif dalam bentuk ulet dalam menghadapi kesulitan tekun menghadapi tugas menunjukkan adanya minat belajar terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran yang menarik dan perasaan nyaman dalam suasana lingkungan belajar yang kondusif. Selanjutnya hasil analisis regresi sederhana menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa tentang metode mengajar dosen secara daring berpengaruh positif signifikan terhadap motivasi belajar mahasiswa akuntansi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa apabila mahasiswa mempersepsikan metode mengajar dosen secara positif maka akan berdampak pada motivasi belajar mahasiswa. Oleh karena itu dapat disarankan bahwa dosen sebaiknya meningkatkan keterampilan dalam mengimplementasikan metode pengajaran secara daring secara berkelanjutan agar memberikan pengalaman belajar yang berpengaruh pada motivasi belajar mahasiswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Nov 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/313522

Actions (login required)

View Item View Item