Profesi guru dalam perspektif mahasiswa departemen akuntansi / Ali Fausan Tanal - Repositori Universitas Negeri Malang

Profesi guru dalam perspektif mahasiswa departemen akuntansi / Ali Fausan Tanal

Tanal, Ali Fausan Tanal (2023) Profesi guru dalam perspektif mahasiswa departemen akuntansi / Ali Fausan Tanal. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Profesi guru merupakan key point kesuksesan pendidikan dalam suatu bangsa karena perannya tersebut menjadikan profesi ini sangat penting. Sebagai profesi yang penting ternyata profesi ini kurang diminati dikalangan mahasiswa khususnya mahasiswa departemen akuntansi. Berdasarkan fenomena rendahnya ketertarikan mahasiswa terhadap profesi guru penelitian ini bertujuan untuk mengkaji seperti apa profesi guru dari sudut pandang mahasiswa bagaimana mereka memaknai dan melihat profesi guru sebagai karier masa depan serta mengungkapkan alasan yang mendorong mereka tidak tertarik dengan profesi tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi yang melibatkan 9 mahasiswa departemen akuntansi yang berasal dari UM UPI dan UNM. Metode analisis data menggunakan teknik analisis tematik dan triangulasi sumber digunakan pada penelitian ini. Hasil penelitian menemukan profesi guru dalam perspektif mahasiswa dimaknai sebagai figur teladan pengawal arah pendidikan profesi yang berat dan tabungan abadi. Sebagai karier masa depan profesi guru dipandang sebagai profesi yang berpenghasilan rendah status dan jenjang karier tidak pasti dan menjadi guru perlu didasari atas panggilan jiwa. Selain itu pandangan tentang profesi guru sebagai profesi yang sulit berpenghasilan rendah dan ketidakpastian jenjang karier menjadi alasan mahasiswa kurang tertarik dengan profesi tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 07 Nov 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/313516

Actions (login required)

View Item View Item