Efektivitas problem based learning berbasis google sites terhadap hasil belajar sistem pencernaan / DIPA HALOMOAN DAMANIK - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektivitas problem based learning berbasis google sites terhadap hasil belajar sistem pencernaan / DIPA HALOMOAN DAMANIK

Damanik, Dipa Halomoan Damanik (2024) Efektivitas problem based learning berbasis google sites terhadap hasil belajar sistem pencernaan / DIPA HALOMOAN DAMANIK. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi seberapa efektifnya model PBL yang menggunakan Google Sites dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada topik sistem pencernaan. Pendekatan penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan desain kelompok kontrol yang tidak setara (Nonequivalent control group design). Populasi penelitian ini diambil dari siswa kelas VIII di sebuah SMP di Malang. Sampel berasal dari Kelas VIII A sebagai kelompok pembanding dan kelas VIII C sebagai kelompok perlakuan. Tes pilihan ganda digunakan sebagai instrumen dalam penelitian. Teknik analisis statistik dilakukan dengan bantuan SPSS versi 26.00. Uji Mann Whitney digunakan untuk membandingkan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Perbandingan nilai rerata ukuran efek (effect size) antara penerapan model PBL (0 79) dan metode konvensional (0 485) dalam pembelajaran sistem pencernaan memberikan indikasi bahwa terdapat perbedaan di antara kedua kelas penelitian. Secara keseluruhan pembelajaran dengan model PBL lebih signifikan efektif (kategori sedang) berpengaruh pada hasil belajar siswa dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 May 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/313220

Actions (login required)

View Item View Item