Pengaruh lkpd berbasis problem based learning terhadap keterampilan berpikir kritis siswa smp kelas viii ditinjau dari gender / Angga Ardiansyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh lkpd berbasis problem based learning terhadap keterampilan berpikir kritis siswa smp kelas viii ditinjau dari gender / Angga Ardiansyah

Ardiansyah, Angga (2024) Pengaruh lkpd berbasis problem based learning terhadap keterampilan berpikir kritis siswa smp kelas viii ditinjau dari gender / Angga Ardiansyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Keterampilan berpikir kritis sangat penting dan dibutuhkan di era 4.0. Akan tetapi upaya melatihkan keterampilan ini selama pembelajaran masih belum optimal termasuk dalam pembelajaran sains di jenjang SMP. Gender diyakini sebagai salah satu faktor yang memberikan pengaruh pada keterampilan berpikir kritis. Tujuan dilakukan penelitian yaitu untuk menyelidiki pengaruh pengimplementasian LKPD berbasis PBL kedalam pembelajaran terhadap keterampilan berpikir kritis siswa ditinjau dari gender. Penelitian merupakan jenis quasy eksperimental dengan desain yaitu pretest-posttest nonequivalent multiple group design. Sampel ditentukan dengan menggunakan teknik pengambilan sampel purposive sampling dan diperoleh sampel yaitu 1 kelas laki-laki dan 1 kelas perempuan berjumlah 24 siswa pada setiap kelas. Data diambil menggunakan instrumen yang telah melewati proses validasi dan uji empirik adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian yaitu RPP LKPD berbasis PBL dan soal pretet-posttest berpikir kritis. Analisis data menggunakan uji statistik berupa paired sample t-test independent sample t-test dan N-gain untuk menyelidiki siginifikansi perbedaan dan peningkatan yang dialami siswa dalam hal berpikir kritis. Hasilnya ditemukan bahwa siswa mengalami peningkatan dalam hal berpikir kritis dengan perempuan lebih unggul dibanding laki-laki setelah pengimplementasian LKPD berbasis PBL. Hal ini ditunjukkan dari hasil paired sample t-test terhadap pretest-posttest dan independent sample t-test terhadap N-gain yang menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) yaitu 0.000 lt 0.050 serta skor N-gain yang menunjukkan peningkatan sedang (0.570) untuk siswa laki-laki dan peningkatan tinggi (0.729) untuk siswa perempuan. Temuan penelitian ini dapat dijadikan rekomendasi dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa dan juga sebagai referensi untuk sekolah yang memisahkan gender dalam merancang pembelajaran guna mengoptimalkan peran masing-masing gender.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: library UM
Date Deposited: 21 Mar 2024 04:29
Last Modified: 01 Oct 2024 06:58
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/313200

Actions (login required)

View Item View Item