Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis project based learning untuk memfasilitasi kompetensi literasi saintifik materi bioteknologi Kelas IX / Mukrimah Rufaida Rochman</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis project based learning untuk memfasilitasi kompetensi literasi saintifik materi bioteknologi Kelas IX / Mukrimah Rufaida Rochman</p>

Rochman, Mukrimah Rufaida (2023) Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis project based learning untuk memfasilitasi kompetensi literasi saintifik materi bioteknologi Kelas IX / Mukrimah Rufaida Rochman</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Literasi Saintifik adalah kemampuan dalam memahami mengomunikasikan dan menerapkan pengetahuan saintifik dengan tujuan memberikan solusi pada masalah dengan tujuan untuk memiliki sikap dan kepekaan yang tinggi terhadap diri dan lingkungannya dalam mengambil keputusan berdasarkan pertimbangan saintifik. Rata-rata nilai saintifik untuk domain literasi saintifik pada negara OECD adalah 493 sedangkan Indonesia baru mencapai skor 403. Hasil PISA tahun 2018 untuk kompetensi saintifik Indonesia menempati peringkat 62 dari 71 negara peserta. Dalam hal distribusi literasinya sendiri secara nasional baru 25 38% literasi saintifik yang dinilai cukup sementara 73 61% dinyatakan kurang. Hal ini berkaitan dengan faktor emosi yang mencakup minat dan kenyamanan belajar peserta didik serta keterlibatan peserta didik yang masih rendah. Berdasarkan hasil wawancara analisis kebutuhan yang telah dilakukan dengan guru IPA SMPN 2 Pakisaji diketahui masih banyak peserta didik yang memiliki literasi saintifik rendah. Hasil observasi menunjukkan bahwa guru telah menggunakan bahan ajar LKPD untuk medukung proses pembelajaran namun LKPD yang digunakan oleh guru kurang dalam melatih kompetensi literasi saintifik peserta didik. Alternatif solusi yang diberikan oleh peneliti untuk meningkatkan keterlibatan peserta didik dalam proses pembelajaran dan dapat memfasilitasi peserta didik untuk melatih kompetensi literasi saintifik yaitu dengan mengembangkan media pembelajaran dengan berbasis project based learning (PjBL). Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan LKPD berbasis PjBL yang dapat memfasilitasi kompetensi literasi saintifik serta menguji kelayakan dan kepraktisan LKPD. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (RnD) dengan model 4D. Penelitian dilaksanakan di SMPN 2 Pakisaji dengan teknik pengumpulan data meliputi wawancara analisis kebutuhan kepada guru dan kuesioner angket untuk analisis kebutuhan peserta didik uji kelayakan materi kebenaran konsep kelayakan media kelayakan soal dan uji kepraktisan. Uji kelayakan dilakukan oleh dosen ahli dan 1 guru IPA. Didapatkan persentase 89 06% pada uji kelayakan materi kebenaran konsep 100% kelayakan media 90 62% dan kelayakan soal 87 5%. Perolehan persentase tersebut termasuk kategori sangat layak. Kelayakan soal juga diuji secara empiris melalui uji validitas dan reliabilitas menggunakan SPSS. Uji validitas soal menghasilkan 10 soal valid dan 4 soal tidak valid. Tingkat reliabilitas soal mendapatkan koefisien sebesar 0 683 dengan kategori tinggi. Setelah itu produk dilakukan uji kepraktisan kepada 30 peserta didik dan 1 guru IPA. Uji kepraktisan peserta didik menunjukkan persentase sebesar 87 46% dan 83 33% untuk guru. Dari hasil tersebut diketahui bahwa bahan ajar LKPD berbasis PjBL pada materi Bioteknologi sangat layak dan sangat praktis untuk memfasilitasi kompetensi literasi saintifik pada peserta didik kelas IX.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: library UM
Date Deposited: 24 Jul 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/313161

Actions (login required)

View Item View Item