Pengembangan modul berbasis sts terintegrasi efsd untuk meningkatkan berprikir kritis siswa pada materi pencemaran lingkungan kelas VII SMP / Faizun Kharisma Sari</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul berbasis sts terintegrasi efsd untuk meningkatkan berprikir kritis siswa pada materi pencemaran lingkungan kelas VII SMP / Faizun Kharisma Sari</p>

Sari, Faizun Kharisma (2023) Pengembangan modul berbasis sts terintegrasi efsd untuk meningkatkan berprikir kritis siswa pada materi pencemaran lingkungan kelas VII SMP / Faizun Kharisma Sari</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Keterampilan abad 21 yang penting di dalam pembelajaran IPA salah satunya yaitu berpikir kritis. Modul berbasis pendekatan STS yang dikolaborasikan dengan EfSD mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran Kurikulum Merdeka berbasis pendekatan STS terintegrasi EfSD yang valid dan praktis serta untuk mengetahui efektivitas dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi pencemaran lingkungan untuk kelas VII SMP. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE dengan 5 tahapan yaitu analisis perancangan pengembangan implementasi dan evaluasi. Data kuantitatif diperoleh dari nilai yang diberikan validator guru siswa dan nilai pretest dan posttest. Data kualitatif diperoleh dari wawancara guru serta komentar dan saran pada kuesioner. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara kuesioner soal pretest dan posttest. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis persentase dan deskirptif kualitatif. Hasil validasi materi dan media diperoleh 94 72% dan 97 91%. Hasil uji dari uji kepraktisan guru 83% dan kepraktisan siswa 95 97%. Skor pretest dan postest menunjukkan adanya perbedaan. Hasil perhitungan N-Gain pada kelima indikator berpikir kritis diperoleh pada indikator klarifikasi dasar diperoleh hasil perhitungan N-Gain 0 371 dengan kriteria sedang pada indikator klarifikasi lanjut diperoleh hasil perhitungan N-Gain 0 563 dengan kriteria sedang pada indikator dasar pengambilan keputusan diperoleh hasil perhitungan N-Gain 0 650 dengan kriteria sedang pada indikator inferensi diperoleh hasil perhitungan N-Gain 0 721 dengan kriteria tinggi pada indikator strategi dan taktik diperoleh hasil perhitungan N-Gain 0 808 dengan kriteria tinggi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: library UM
Date Deposited: 11 Jul 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/313156

Actions (login required)

View Item View Item