Saputra, Viky Ardi (2023) Pengembangan bahan ajar berbasis laboratorium yang terintegrasi dengan instagram dan liveworksheet pada materi interaksi makhluk hidup untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMP Kelas vii / Viky Ardi Saputra</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
TIMSS menggolongkan hasil belajar sains siswa di Indonesia ada pada tingkat yang rendah dengan hanya mampu mengenali sejumlah fakta dasar. Kemudian proses belajar yang dijalankan guru IPA SMPN 1 Pakis hanya berpusat pada guru dan hanya memberikan LKPD dalam kegiatan praktikum yang mana hal tersebut mempengaruhi hasil belajar siswa. Penggunaan bahan ajaran berbasis laboratorium bisa memberikan peningkatan pada hasil belajar membantu siswa dalam melakukan pemahaman materi serta memberikan bantuan pada guru untuk menjelaskan materi. Tujuan penelitian ini yakni melakukan pengembangan bahan ajar berbasis laboratorium yang terintegrasi dengan instagram dan liveworksheet pada materi interaksi makhluk hidup yang bisa memberikan peningkatan pada hasil belajar. Pembelajaran interaksi makhluk hidup yang dilakukan selama ini belum melaksanakan kegiatan laboratorium secara holistik. Penelitian ini dilakukan di SMPN 1 Pakis Kabupaten Malang dan populasi dalam penelitian adalah siswa kelas VII. Jenis penelitian ini menggunakan Research and Development(R amp D) dan model penelitian ADDIE. Hasil uji validasi media dikategorikan sangat valid pada skor perolehan sebesar 95%. Hasil uji validasi materi memperoleh 95 38% tergolong sangat valid. Selanjutnya hasil pengujian kepraktisan diperoleh sebesar 87 69% dan hasil uji keterbacaan siswa terhadap bahan ajar sebesar 90% yang mana tergolong sangat baik. Hasil yang ditunjukkan dari kelas eksperimen berdasarkan nilai N-gain memperoleh 0 41 (sedang) serta effect sizememperoleh 1 19 (besar) menunjukkan bahwa penggunaan bahan ajar berbasis laboratorium yang terintegrasi dengan instagram dan liveworsheet pada materi interaksi makhluk hidup cukup efektif serta mempengaruhi pada peningkatan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 May 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/313143 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |