Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis RADEC untuk meningkatkan literasi saintifik siswa pada materi sistem pencernaan kelas VIII SMP / Diana Nur Saputri</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis RADEC untuk meningkatkan literasi saintifik siswa pada materi sistem pencernaan kelas VIII SMP / Diana Nur Saputri</p>

Saputri, Diana Nur (2023) Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis RADEC untuk meningkatkan literasi saintifik siswa pada materi sistem pencernaan kelas VIII SMP / Diana Nur Saputri</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kemampuan literasi saintifik merupakan kemampuan untuk memahami sains mengidentifikasi masalah dan menarik kesimpulan berdasarkan data dan fakta serta mengkomunikasikan sains baik secara lisan maupun tulisan untuk memahami alam semesta. Penyesuaian model pembelajaran perlu diperlukan agar dapat diterapkan dengan baik dan memperhatikan kondisi-kondisi khas siswa di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk 1) membuat perangkat pembelajaran berbasis RADEC untuk membantu meningkatkan literasi saintifik siswa tentang sistem pencernaan manusia dan 2) mengetahui kevalidan serta kepraktisan perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan. Dengan menggunakan rancangan penelitian pengembangan (R amp D) dan model pengembangan ADDIE penelitian ini dilakukan. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 11 Malang dengan subjek penelitian 1 guru IPA dan 30 siswa kelas VIII. Data yang digunakan berupa data kuantitatif dan kualitatif. Analisis deskriptif kualitatif dilakukan pada data kualitatif dan data kuantitatif dianalisis dengan bantuan software Microsoft Excel. Instrumen yang digunakan untuk mengimpulkan data berupa angket wawancara angket analisis kebutuhan angket validasi media angket validasi materi dan angket uji kepraktisan. Hasil validasi media memiliki interpretasi sangat valid pada rata-rata 94 8% dan hasil validasi materi memiliki interpretasi valid pada rata-rata 97 1%. Hasil uji kepraktisan oleh guru IPA diperoleh sebesar 90 1% dengan interpretasi sangat praktis dan hasil uji kepraktisan oleh siswa sebesar 77 2% dengan interpretasi praktis. Dari seluruh hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil penegmbangan perangkat pembelajaran yang telah dilakukan sangat valid serta praktis dan dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: library UM
Date Deposited: 27 Jan 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/313127

Actions (login required)

View Item View Item