Pengembangan e-modul ipa terpadu tema pemanasan global berbasis problem based learning untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas vii SMP / Nur Izza Lutfiatuz Zulfa</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-modul ipa terpadu tema pemanasan global berbasis problem based learning untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas vii SMP / Nur Izza Lutfiatuz Zulfa</p>

Zulfa, Nur Izza Lutfiatuz (2022) Pengembangan e-modul ipa terpadu tema pemanasan global berbasis problem based learning untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas vii SMP / Nur Izza Lutfiatuz Zulfa</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dapat dijadikan sarana untuk meningkatkan mutu pendidikan. Dengan berkembangnya teknologi telah memungkinkan pengembangan bahan ajar modul elektronik yang disebut e-modul. Penelitian ini bertujuan mengembangkan bahan ajar berupa e-modul berbasis Problem Based Learning untuk meningkatkan pemahaman siswa pada tema pemanasan global yang layak dipakai. Berdasarkan hasil wawancara guru SMP Darul Quran Singosari guru belum pernah menerapkan model pembelajaran berbasis Problem Based Learning dan hanya terpaku pada LKS. Dengan bahan ajar yang digunakan guru siswa belum memahami materi pemanasan global dengan baik. Metode penelitian yang digunakan adalah model 4D yang di modifikasi menjadi 3D. Uji validitas dilakukan oleh dosen pendidikan IPA sementara itu uji kepraktisan dilakukan oleh guru dan 18 siswa kelas VII SMP Darul Quran Singosari. Hasil validasi media didapatkan 85% validasi materi didapatkan 87% validasi kebenaran konsep didapatkan 100% uji kepraktisan oleh guru didapatkan 80% dan uji kepraktisan oleh siswa didapatkan 87 8%. Kemudian berdasarkan hasil dari uji normalitas didapatkan nilai sig. 0 200 gt 0 05 membuktikan bahwa data nilai hasil pre-test dan post-test berdistribusi normal sehingga dilanjutkan dengan uji-t untuk melihat peningkatan siswa setelah melaksanakan pembelajaran. Berdasarkan hasil uji-t dengan nilai Sig. (2-tailed) bersakala 0 000 lt 0 005 membuktikan bahwa ada pengaruh penggunaan e-modul dengan pembelajaran berbasis Problem Based Learning mengenai peningkatan pemahaman siswa. Sehingga berdasarkan hasil tersebut bahwa bahan ajar berupa e-modul berbasis Problem Based Learning pada materi pemanasan global berpeluang untuk meningkatkan pemahaman siswa dan layak dipakai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: library UM
Date Deposited: 28 May 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/313108

Actions (login required)

View Item View Item