Pengembangan E-LKPD berpendekatan saintifik menggunakan liveworksheet pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan untuk meningkatkan hasil belajar siswa / Ismi Daris Salamah</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan E-LKPD berpendekatan saintifik menggunakan liveworksheet pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan untuk meningkatkan hasil belajar siswa / Ismi Daris Salamah</p>

Salamah, Ismi Daris (2022) Pengembangan E-LKPD berpendekatan saintifik menggunakan liveworksheet pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan untuk meningkatkan hasil belajar siswa / Ismi Daris Salamah</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pandemi Covid-19 memberikan pengaruh yang sangat besar pada berbagai bidang pendidikan sehingga kegiatan pembelajaran dilaksanakan secara daring. Hal ini menuntut bagaimana seorang guru harus mampu menyampaikan materi yang mudah dipahami oleh siswa dengan menggunakan media berbasis digital dalam bentuk E-LKPD dengan tetap menerapkan kurikulum 2013 melalui pendekatan saintifik. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menghasilkan E-LKPD pendekatan saintifik menggunakan Liveworksheet pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan untuk meningkatkan hasil belajar siswa yang valid praktis dan efektif. Metode penelitian yang dipakai yaitu RnD model ADDIE yang diujikan kepada 32 siswa kelas 7A SMP Islam Ma arif 2 Malang. Teknik pengumpulan data berupa wawancara angket dan tes hasil belajar. Uji kevalidan meliputi validasi E-LKPD ahli media dan materi uji kepraktisan meliputi hasil respon siswa dan guru uji keefektifan meliputi hasil pretest dan posttest. Hasil validasi diperoleh 78 7% untuk validasi materi 88 9% untuk validasi media. Hasil kepraktisan diperoleh 91 4% menurut guru dan 88 1% menurut siswa. Uji keefektifan diperoleh 0 6 dengan tingkat efektivitas sedang. Maka secara keseluruhan E-LKPD pendekatan saintifik menggunakan Liveworksheet pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan telah valid praktis dan efektif membantu meningkatkan hasil belajar siswa sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran IPA SMP.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: library UM
Date Deposited: 06 Jun 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/313104

Actions (login required)

View Item View Item