Pengembangan media pembelajaran berbasis pop-up book pada materi sistem pencernaan manusia untuk siswa kelas viii SMP/MTS / Dewi Sri Murti</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran berbasis pop-up book pada materi sistem pencernaan manusia untuk siswa kelas viii SMP/MTS / Dewi Sri Murti</p>

Murti, Dewi Sri (2022) Pengembangan media pembelajaran berbasis pop-up book pada materi sistem pencernaan manusia untuk siswa kelas viii SMP/MTS / Dewi Sri Murti</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Materi sistem pencernaan manusia adalah materi biologi yang penting untuk dipelajari dan dipahami karena berkaitan dengan manusia itu sendiri tentang proses pencernaan dan arti pentingnya menjaga kesehatan khususnya pada pencernaan manusia. Dalam mempelajari sistem pencernaan manusia terdapat hambatan tersendiri karena materi sistem pencernaan manusia ini kurang diminati oleh peserta didik mereka menganggap bahwa materi tersebut kurang menarik untuk dipelajari dan peserta didik relatif sulit untuk membayangkan objek dari materi sistem pencernaan manusia. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis pop-up book pada materi sistem pencernaan manusia untuk siswa kelas VIII SMP/MTs yang valid dan layak digunakan. Jenis penelitian ini yaitu research and development (R amp D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis Design Development Implementation Evaluation). Teknik pengumpulan data yaitu berupa penyebaran angket. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini adalah kuesioner untuk analisis kebutuhan peserta didik analisis kebutuhan guru IPA validasi ahli materi validasi ahli media uji kelayakan dan uji keterbacaan media. Data yang dihasilkan berupa data kualitatif dan kuantitatif. Hasil dari pengembangan media pembelajaran berbasis pop-up book ini telah mencukupi kategori sangat valid dan sangat layak untuk digunakan dengan hasil persentase validasi materi sebesar 95% hasil persentase validasi media sebesar 97% hasil persentase uji kelayakan sebesar 93% dan hasil persentase uji keterbacaan sebesar 86%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: library UM
Date Deposited: 15 Jun 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/313100

Actions (login required)

View Item View Item