Husnayaini, Nida (2022) Pengembangan website berbasis pbl pada topik zat aditif dan adiktif untuk meningkatkan kemampuan literasi saintifik pada siswa SMP / Nida Husnayaini</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Literasi saintifik telah menjadi tujuan pembelajaran di kurikulum Indonesia sejak KTSP 2006. Namun berdasarkan survei PISA 2018 didapati bahwa skor rata-rata siswa Indonesia masih berada di bawah rata-rata negara OECD yang artinya kemampuan literasi saintifik siswa Indonesia masih tergolong rendah. Perlu adanya upaya untuk meningkatkan kemampuan literasi saintifik pada siswa Indonesia mengingat literasi saintifik merupakan kemampuan yang menjadi kunci penyelesaian berbagai tantangan global. Peningkatan kemampuan literasi saintifik dapat diwujudkan melalui sarana pendidikan yakni dengan menyediakan perangkat pembelajaran yang mendukung. Oleh karena itu pada penelitian ini dikembangkan bahan ajar berupa website berbasis PBL dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi saintifik pada siswa SMP. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan menganalisis kelayakan kepraktisan dan efektivitas dari website berbasis PBL. Website berbasis PBL ini dikembangkan pada topik zat aditif dan adiktif dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi saintifik pada siswa SMP. Pengembangan produk pada penelitian ini mengacu pada model 4D yang terdiri dari 4 tahapan yakni define design development dan disseminate. Tahap define terdiri dari beberapa analisis untuk menetapkan syarat pembelajaran yakni terkait spesifikasi bahan ajar berupa website kompetensi literasi saintifik sintaks PBL serta tujuan pembelajaran. Kompetensi literasi saintifik pada penelitian ini mengacu pada tiga kompetensi literasi saintifik oleh PISA 2018 yang meliputi a) menjelaskan fenomena secara ilmiah b) mengevaluasi dan merancang penelitian ilmiah dan c) menginterpretasi data dan membuktikan-nya secara ilmiah. Design dari website yang dikembangkan yakni terkait fitur-fitutr pada website. Terdapat 3 halaman utama dari website ini yakni beranda kelas dan blog. Pada halaman kelas terdapat materi dan tugas yang disajikan sesuai dengan urutan sintaks PBL. Materi dan tugas yang disediakan yakni berupa video orientasi masalah diskusi rancangan penyelesaian masalah referensi terkait diskusi pelaksanaan penelitian penyajian hasil berupa presentasi evaluasi teman sejawat dan post test. Develop merupakan tahap pengembangan produk melalui uji validasi uji kepraktisan dan uji efektivitas. Kelayakan produk dianalisisis melalui uji validasi media materi kebenaran konsep dan soal secara berurutan dengan perolehan rata-rata persentase sebesar 93 9% 96 2% 100 0% dan 96 0%. Seluruh perolehan tersebut tergolong sebagai kategori sangat layak. Pada uji validitas dan reliabilitas soal diperoleh sebanyak 7 soal yang valid dengan koefisien reliabilitas sebesar 0 659 yakni tergolong pada kategori reliabilitas tinggi. Kepraktisan produk dianalisis melalui uji kepraktisan dengan perolehan rata-rata persentase sebesar 85% dari siswa dan sebesar 93% dari guru keduanya tergolong dalam kategori sangat praktis. Efektivitas produk dianalisis melalui uji Wilcoxon dan N-Gain dengan nilai 0.06 artinya website yang dikembangkan memberikan pengaruh peningkatan kemampuan literasi saintifik pada siswa dengan tingkat rendah. Dapat disimpulkan bahwa website berbasis PBL yang dikembangkan memiliki predikat sangat layak sangat praktis dan dapat berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan literasi saintifik pada siswa SMP. Maka tahap disseminate telah dilakukan untuk menyebarkan produk ini pada skala terbatas dan akan dilakukan disseminate pada skala yang lebih luas yakni melalui seminar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 20 Jun 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/313099 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |