Dalilah, Fazumruda Zaizafun (2022) Pengembangan e-LKPD berbasis problem based learning pada materi pemanasan global untuk meningkatkan minat belajar siswa SMP / Fazumruda Zaizafun Dalilah</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pesatnya perkembangan teknologi terutama penggunaan gadget sangat berpengaruh terhadap minat belajar siswa. Terbukti dengan tidak semangatnya siswa dalam mengikuti proses pembelajaran serta malas untuk mengerjakan tugas yang diberikan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengembangkan E-LKPD berbasis Problem Based Learning pada materi pemanasan global yang diharapkan dapat meningkatkan minat belajar siswa. Model penelitian yang digunakan yaitu model ADDIE (analysis design development implementation and evaluation). Teknik pengumpulan data menggunakan angket validasi materi dan media angket kepraktisan dan angket minat belajar. Subjek yang digunakan pada penelitian ini adalah 31 siswa kelas VII E SMPN 1 Balong. Hasil uji validitas materi diperoleh 100% dan hasil uji validitas media diperoleh 90 7%. Hasil uji kepraktisan siswa diperoleh 81% dan hasil uji kepraktisan guru diperoleh 85%. Hasil uji efektifitas persentase sebelum menggunakan E-LKPD diperoleh 70 08% dan hasil uji efektifitas persentase sesudah menggunakan E-LKPD diperoleh 80 22%. Berdasarkan hasil uji validitas uji kepraktisan dan uji efektivitas menunjukkan bahwa E-LKPD berbasis Problem Based Learning yang dikembangkan valid praktis serta dapat meningkatkan minat belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Jul 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/313094 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |