Dzulhijjah, Fanoni Ananta (2022) Pengembangan bahan ajar berbasis Socio-scientific issues pada materi zat adiktif untuk memfasilitasi kemampuan argumentasi peserta didik / Fanoni Ananta Dzulhijjah</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi tingginya angka penyalahgunaan zat adiktif terutama pada remaja. Penyalahgunaan zat adiktif termasuk contoh isu sosiosaintifik. Di Indonesia pembelajaran berbasis isu sosiosaintifik relatif kurang dikenal dan jarang diimplementasikan oleh guru IPA selain itu peranan argumentasi saat ini juga menurun dalam pendidikan sains. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk bahan ajar berbasis isu sosiosaintifik dengan dilengkapi evaluasi argumentasi untuk pembelajaran IPA SMP pada materi zat adiktif. Penelitian ini menggunakan model Research and Development (R amp D) yang dilaksanakan di SMPN 8 Malang. Subjek penelitian yaitu dua validator ahli materi dan ahli media 33 peserta didik dan satu pendidik. Instrumen penelitian terdiri atas instrumen pembelajaran yang berupa rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan bahan ajar berbasis isu sosiosaintifik instrumen pengumpulan data yang berupa soal tes draft wawancara dan angket serta lembar validasi. Produk bahan ajar ini telah melalui tahapan validasi dengan persentase validasi materi sebesar 95 5% dan validasi media sebesar 93 3% serta termasuk dalam kriteria sangat layak untuk digunakan. Melalui hasil penelitian menunjukkan peserta didik memiliki respon positif terhadap penerapan bahan ajar. Evaluasi pembelajaran menunjukkan terdapat peningkatan kemampuan argumentasi peserta didik setelah menggunakan bahan ajar berbasis Socio-Scientific Issues dari sebelumnya sebesar 69 7% menjadi 75 8% dari keseluruhan populasi kelas.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 23 Aug 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/313091 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |