Pengembangan media pembelajaran berbasis articulate storyline untuk mengoptimalkan aspek 4c pada materi kalor / Cica Adelia Permatasari</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran berbasis articulate storyline untuk mengoptimalkan aspek 4c pada materi kalor / Cica Adelia Permatasari</p>

Permatasari, Cica Adelia (2022) Pengembangan media pembelajaran berbasis articulate storyline untuk mengoptimalkan aspek 4c pada materi kalor / Cica Adelia Permatasari</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi abad 21 memberi pengaruh besar dalam berbagai sudut kehidupan. Saat ini mengalami pembelajaran mulai sering diimplementasikan keterampilan 4C (Critical thinking Creativity Collaboration dan Communication) di dalamnya. Penelitian ini memiliki tujuan menghasilkan media pembelajaran berbasis Articulate Storyline untuk mengoptimalkan aspek 4C siswa pada materi kalor yang layak digunakan. Berdasarkan hasil wawancara guru IPA SMPN 23 Malang saat pembelajaran materi kalor guru menggunakan media pembelajaran berupa textbook dan PowerPoint. Hal ini menjadi salah satu penyebab siswa cenderung merasa bosan saat belajar materi tersebut. Terlebih lagi pemahaman siswa pada materi kalor cukup rendah karena siswa hanya menghafal rumus dan perhitungannya bukan memahami konsep sebenarnya. Pengembangan ini menerapkan model ADDIE (analysis design development implementation evaluation). Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara guru instrumen validitas media materi kebenaran konsep dan angket kepraktisan. Data yang dihasilkan berupa data kualitatif dan kuantitatif. Kevalidan media dilakukan oleh dosen Pendidikan IPA sedangkan uji kepraktisan dilakukan oleh guru dan 28 siswa SMPN 23 Malang. Hasil validitas diperoleh 91 20% untuk uji validitas media dengan kategori sangat valid 93 92% untuk uji validitas kelayakan materi dengan kategori sangat valid 83 65% untuk hasil validitas kebenaran konsep dengan kategori sangat valid serta 100 % untuk hasil kepraktisan guru dan 88 03% untuk kepraktisan siswa yang menunjukkan kategori sangat praktis. Selain itu nilai akhir siswa dalam menyelesaikan case dan kuis di dalam media ini menunjukkan hasil di atas KKM yaitu sebesar 92 2. Dari hasil tersebut dapat dikatakan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline pada materi kalor dapat mengoptimalkan aspek 4C siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/313084

Actions (login required)

View Item View Item