Mengoptimalkan minat belajar siswa dengan mengimplementasikan media pembelajaran ams pada elemen pengelolaan kearsipan / Lynda Ardhia Ayu Wulan Agustine - Repositori Universitas Negeri Malang

Mengoptimalkan minat belajar siswa dengan mengimplementasikan media pembelajaran ams pada elemen pengelolaan kearsipan / Lynda Ardhia Ayu Wulan Agustine

Agustine, Lynda Ardhia Ayu Wulan (2024) Mengoptimalkan minat belajar siswa dengan mengimplementasikan media pembelajaran ams pada elemen pengelolaan kearsipan / Lynda Ardhia Ayu Wulan Agustine. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perkembangan teknologi digital yang saat ini berkembang pesat dapat membantu mempermudah guru untuk memberikan variasi dalam kegiatan belajar mengajar. Hal ini memicu peningkatan kualitas media pembelajaran di kelas yang tentunya berpengaruh pada kualitas minat belajar siswa. Oleh sebab itu peneliti mengembangkan produk media pembelajaran yang memanfaatkan teknologi digital berupa web arsip yang memiliki fitur arsip surat masuk dan keluar buku agenda otomatis serta disposisi surat otomatis. Web arsip AMS dapat digunakan dengan lebih fleksibel baik saat belajar di dalam kelas maupun di rumah. Siswa dapat mengakses dimanapun dan kapanpun dengan hanya menggunakan bantuan smartphone dan jaringan internet. Fitur yang mudah diakses dan warna web arsip yang menarik dapat membantu meningkatkan minat belajar siswa. Metode ADDIE (Analysis Design Development Implementation Evaluation) dipilih dalam pengembangan media ini. Subjek dari penelitan ini yaitu siswa SMKN 1 Malang. Dimana peneliti menggunakan teknik probability sampling untuk pemilihan siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pendekatan analisis data yang dipilih berupa deskripsi presentase hitung manual menggunakan rumus frekuensi relative presentase. Hasil dari angket validator telah memenuhi kriteria bahwa web arsip ini sudah sesuai untuk digunakan dalam elemen pengelolaan kearsipan. Selain itu uji coba pada kelompok besar menunjukkan minat belajar yang berbeda yaitu skor angket minat belajar lebih tinggi di kelas eksperimen daripada di kelas kontrol. Dengan begitu dapat dikatakan web arsip ini adalah alat pembelajaran yang berguna untuk mendorong minat siswa dalam pengelolaan kearsipan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 27 Jun 2024 04:29
Last Modified: 23 Oct 2024 01:55
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/312873

Actions (login required)

View Item View Item