Ludviana, Agella Dwi Ludviana (2024) Peningkatan kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran melalui integrasi teknologi augmented reality berbantuan platform assemblr edu / Agella Dwi Ludviana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Seiring perkembangan zaman media pembelajaran juga mengikuti perkembangan teknologi yang ada mulai dari teknologi cetak audio visual komputer sampai teknologi gabungan antara dunia maya dan nyata. Tujuan penelitian ini ialah menghasilkan media pembelajaran Augmented Reality (AR) berbantuan Assemblr EDU yang telah melalui uji validasi ahli media ahli materi dan uji coba kelompok kecil serta untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R amp D) dengan model pengembangan Borg and Gall. Subjek dari penelitian ini adalah validator ahli media validator ahli materi dan siswa kelas X jurusan Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis di SMK Negeri 1 Turen. Data yang dihasilkan yaitu kuantitatif dan kualitatif yang dianalisis menggunakan deskriptif presentase uji normalitas dan independent sample t-test. Penelitian ini melibatkan siswa untuk berinteraksi dengan visualisasi objek 3d dalam media pembelajaran dan terdapat soal studi kasus yang dapat merangsang pemikiran kritis siswa. Berdasarkan hasil validasi ahli media diperoleh presentase 97% ahli materi 94% dan uji coba kelompok kecil 95% maka dapat dinyatakan bahwa media pembelajaran Augmented Reality (AR) berbantuan Assemblr EDU sangat layak diterapkan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Saran untuk penelitian selanjutnya diharapkan membuat media pembelajaran Augmented Reality (AR) yang bisa diakses secara offline dengan mudah oleh siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 24 Jun 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/312852 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |