Siti Khotijah (2009) Studi tentang kegiatan guru dalam mengembangkan pembelajaran di RA Alquran Baipas Malang / Siti Khotijah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) menjadi hal penting karena pada usia ini anak lebih mudah menangkap apa yang mereka lihat maupun mereka dengar. Masa ini disebur golden age (usia emas) yaitu terjadi pada anak usia 0-6 tahun tepatnya menjelang anak masuk usia Sekolah Dasar (SD). Materi pembelajaran anak yang berusia 3-6 tahun diberikan melalui bermain sambil belajar (playing by learning) masih adanya para pendidik atau guru TK yang tidak memiliki kualifikasi sebagai guru TK menjadi penyebab para guru TK tidak memiliki pemahaman yang benar terhadap kurikulum TK sehingga dalam proses pembelajarannya juga menjadi kurang tepat dan cenderung tidak sesuai dengan kebutuhan anak dan bahkan tidak bisa menggali serta mengembangkan potensi anak. R A Alquran Baipas di bawah naungan dan binaan Depag Kota Malang di RA ini belum pernah diadakan penelitian sama sekali keunikan RA ini pendidik di RA ini terdiri atas tiga orang guru lulusan SMA satu orang lulusan D2PGTK dan empat orang guru lulusan STAIN juga merupakan salah satu keunikan RA ini sehingga peneliti tertarik untuk mengadakan penelitian. Fokus penelitian ini adalah bagaimanakah kegiatan guru dalam mengembangkan pembelajaran di RA Alquran Baipas fokus secara rinci meliputi (1) bagaimanakah kegiatan guru menyusun rencana pembelajaran (2) bagaimanakah kegiatan guru membimbing proses pembelajaran (3) bagaimanakah kegiatan guru mengelola kelas dan (4) bagaimanakah kegiatan guru melaksanakan evaluasi pembelajaran di RA Alquran Baipas Tujuan penelitian ini secara umum memaparkan kegiatan guru dalam mengembangkan pembelajaran di RA Alquran Baipas sub fokus secara rinci adalah (1) menggambarkan kegiatan guru menyusun rencana pembelajaran di RA Alquran Baipas (2) mendiskripsikan kegiatan guru membimbing proses pembelajaran di RA Alquran Baipas (3) memaparkan kegiatan guru mengelola kelas di RA Alquran Baipas dan (4) mendiskripsikan kegiatan guru melaksanakan evaluasi pembelajaran di RA Alquran Baipas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang dilakukan di RA Alquran Baipas. Sumber data utama (informan kunci) adalah kepala RA Alquran Baipas dan seluruh guru RA Alquran Baipas teknik pengumpulan datanya adalah wawancara observasi dan dokumentasi. Proses analisis yang digunakan melalui tahap-tahap pengumpulan data pemilahan pemusatan dan transformasi data atau data kasar yang muncul dari catatan lapangan dan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data melalui kecukupan referensial trianggulasi dan pengecekan anggota. Penelitian ini dilaksanakan melalui tahapan persiapan pelaksanaan dan penyusunan laporan penelitian. Kesimpulan penelitian ini adalah (1) rancangan pembelajaran di RA Alquran Baipas Roudlotul Jannah disusun oleh waka kurikulum dan guru yang diberitugas penyusunan rancangan pembelajaran dalam bentuk silabus pembelajaran masing-masing guru kelas menyusun satuan kegiatan harian (SKH) (2) guru dalam membimbing proses pembelajaran lebih sering menggunakan metode ceramah tanya jawab pemberian tugas dan praktik langsung layanan pembelajaran individual sudah mendapat perhatian (3) guru dalam mengelola kelas sudah tampak berjalan dengan baik guru selalu mengatur perabot dan inventaris kelas juga mengatur tempat duduk anak sesuai dengan situasi dan kondisi dan tujuan dari kegiatan pembelajaran pembinaan kedisiplinan anak juga selalu mendapat perhatian dari guru (4) evaluasi pembelajaran dilakukan setiap hari oleh guru setiap selesai kegiatan pembelajaran guru selalu menilai hasil kerja anak performance dan unjuk kerja anak. Bertitik tolak dari temuan penelitian ini maka disarankan kepada pengurus Yayasan Roudlotul Jannah untuk segera mengadakan supervisi pembelajaran dan pembinaan pemahaman kurikulum TK kepala RA Alquran Roudlotul Jannah dan segenap dewan guru agar senantiasa belajar-belajar dan belajar lagi agar pemahaman terhadap hakikat dan fungsi dari pendidikan usia dini betul-betul difahami diharapkan guru-guru peka terhadap perubahan-perubahan serta bersikap inovatif dan selalu mengembangkan diri prestasi dan keberhasilan anak-anak agar selalu ditingkatkan minimal dipertahankan
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 14 Jan 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/3127 |
Actions (login required)
View Item |