Pengaruh pengenalan lapangan persekolahan terhadap minat mahasiswa pada profesi guru dengan efikasi diri sebagai variabel intervening / Shelintia Kusumawardani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pengenalan lapangan persekolahan terhadap minat mahasiswa pada profesi guru dengan efikasi diri sebagai variabel intervening / Shelintia Kusumawardani

Kusumawardani, Shelintia Kusumawardani (2024) Pengaruh pengenalan lapangan persekolahan terhadap minat mahasiswa pada profesi guru dengan efikasi diri sebagai variabel intervening / Shelintia Kusumawardani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Fenomena saat ini menunjukkan penurunan minat mahasiswa dalam mengambil program studi kependidikan untuk mengejar profesi sebagai guru Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi mahasiswa kependidikan diantaranya pengalaman dan tingkat keyakinan diri. Dalam penelitian ini untuk mengukur dampak dari pengalaman pengenalan lapangan persekolahan terhadap minat mahasiswa untuk berprofesi guru adalah efikasi diri. Studi ini menerapkan pendekatan kuantitatif dengan fokus pada jenis penelitian penjelasan. Sampel terdiri dari 206 mahasiswa dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Angkatan 2020 Universitas Negeri Malang metode non-probability sampling dipilih dan selanjutnya digunakan dengan pendekatan purposive sampling serta dihitung menggunakan rumus Slovin. Analisis jalur (path analysis) telah diterapkan untuk mengevaluasi data dalam penelitian ini. Temuan dari analisis jalur menunjukkan bahwa pengenalan terhadap lingkungan pendidikan berkontribusi secara positif terhadap minat mahasiswa dalam menjalani profesi sebagai guru efikasi diri memiliki pengaruh positif terhadap minat mahasiswa pada profesi guru pengenalan lapangan persekolahan berpengaruh positif terhadap efikasi diri dan pengenalan lapangan sekolah memiliki dampak yang positif terhadap minat dalam profesi guru melalui efikasi diri. Hasil penelitian ini yang menunjukkan bahwa program Pengenalan Lapangan Persekolahan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat mahasiswa pada profesi guru Pengenalan terhadap lingkungan pendidikan secara positif dan signifikan memengaruhi efikasi diri. Efikasi diri yang juga memiliki pengaruh positif dan signifikan pada minat mahasiswa bertindak sebagai variabel yang berperantara antara pengenalan lingkungan pendidikan dan minat mahasiswa untuk mengejar profesi sebagai guru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: library UM
Date Deposited: 13 May 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/312276

Actions (login required)

View Item View Item