Pengembangan multimedia pembelajaran smart (smart marketing) berbasis website notion untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran dasar-dasar pemasaran (studi pada peserta didik kelas x kompetensi keahlian bisnis daring dan pemasaran smk negeri 1 kanor) / Amelia Nungky Anggraeni - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia pembelajaran smart (smart marketing) berbasis website notion untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran dasar-dasar pemasaran (studi pada peserta didik kelas x kompetensi keahlian bisnis daring dan pemasaran smk negeri 1 kanor) / Amelia Nungky Anggraeni

Anggraeni, Amelia Nungky Anggraeni (2023) Pengembangan multimedia pembelajaran smart (smart marketing) berbasis website notion untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran dasar-dasar pemasaran (studi pada peserta didik kelas x kompetensi keahlian bisnis daring dan pemasaran smk negeri 1 kanor) / Amelia Nungky Anggraeni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan multimedia pembelajaran SMART (Smart Marketing) berbasis website Notion yang berkualitas dan mengetahui kelayakan serta keefektifan produk. Jenis penelitian ini adalah Research and Development dengan memanfaatkan model pengembangan ADDIE. Penelitian ini dilaksanakan pada kelas X Kompetensi Keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran di SMK Negeri 1 Kanor. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuisioner validasi kuisioner respon pengguna dan pengisian soal post-test mendapatkan data nilai hasil belajar. SMART (Smart Marketing) meraih penilaian 95% dari ahli media 84% dari ahli materi 1 dan 97% dari ahli materi 2. Peserta didik sebagai pengguna juga memberikan respon atas penggunaan SMART dengan hasil skor akhirnya adalah 90%. Keefektifan SMART dibuktikan dengan meningkatnya hasil belajar peserta didik dilihat dari kelas eksperimen yang mendapatkan nilai rata-rata lebih tinggi dari kelas kontrol. Hasil analisis SPSS menujukkan Significance 2-tailed sebesar 0 000 atau kurang dari 0 05 sehingga berarti hasil belajar kedua kelas tersebut memiliki perbedaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran
T Technology > T Technology (General) > TIN Software Engineering
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: library UM
Date Deposited: 15 Jan 2023 04:29
Last Modified: 25 Sep 2024 01:04
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/312250

Actions (login required)

View Item View Item