Pengaruh bauran promosi terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk AHA (studi pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang) / Fandi Hidayat - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh bauran promosi terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk AHA (studi pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang) / Fandi Hidayat

Hidayat, Fandi (2011) Pengaruh bauran promosi terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk AHA (studi pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang) / Fandi Hidayat. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci bauran promosi keputusan pembelian. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui kondisi bauran promosi (yang terdiri dari periklanan promosi penjualan penjualan langsung dan hubungan masyarakat) serta keputusan pembelian konsumen pada produk AHA dan pengaruh bauran promosi terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk AHA. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi berganda uji t dan uji F. Jenis dari penelitian ini adalah deskriptif kausalitas. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Universitas Negeri Malang yang menggunakan produk AHA. Penentuan sampel menggunakan rumus infinite population dengan menggunakan 945 5% sehingga diperoleh sampel sebanyak 120 orang. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan multy stage sampling (proportional sampling dan accidental sampling) untuk menyebarkan kuesioner tertutup menggunakan skala Likert 5 pilihan jawaban. Analisis data menggunakan regresi linier berganda dengan uji asumsi klasik. Kesimpulan yang berhasil diperoleh dari responden yaitu (1) Bauran promosi (yang meliputi periklanan promosi penjualan penjualan langsung dan hubungan masyarakat) dan keputusan pembelian konsumen pada produk AHA sudah baik. Hal tersebut tampak dari mayoritas jawaban setuju terhadap item-item pertanyaan yang diberikan oleh konsumen yang menjadi responden dari penelitian. (2) Periklanan berpengaruh positif yang signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk AHA. Promosi penjualan berpengaruh positif yang signifikan terhadap terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk AHA. Penjualan langsung berpengaruh positif yang signifikan terhadap terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk AHA. Hubungan masyarakat berpengaruh positif yang signifikan terhadap terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk AHA. Dari semua veriabel berpengaruh positif yang signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk AHA. Hal tersebut tampak dari jawaban responden mayoritas menyatakan setuju terhadap item-item pertanyaan yang diberikan oleh konsumen yang menjadi responden dari penelitian. (3) Bauran promosi (periklanan promosi penjualan penjualan langsung dan hubungan masyarakat) berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk AHA. Bauran promosi (periklanan promosi penjualan penjualan langsung dan hubungan masyarakat) secara bersama-sama mempengaruhi keputusan pembelian konsumen pada produk AHA sebesar 35% sedangkan sisanya sebesar 65% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Saran yang dapat berikan berkaitan dengan temuan yang diperoleh selama pelaksanaan penelitian ini adalah (1) Bauran promosi yang dilakukan AHA sudah baik diterima oleh konsumen khususnya mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Sebagai penyedia produk layanan internet broadband. AHA sebaiknya memperbanyak variasi produk dan pelayanan dengan melakukan penambahan di paket data dan penambahan jaringan koneksi EVDO melalui berbagai promosinya. Hal ini dapat merangsang konsumen untuk membeli dan tetap setia bagi yang telah memakai. (2) Peneliti Lain di Masa Mendatang agar objek penelitian yang diambil lebih bervariasi. Misalkan masyarakat umum dari berbagai segmen seperti masyarakat kota eksekutif dan sebagainya serta tempat penelitian yang lebih luas agar data penelitian yang diperoleh lebih valid dan ruang lingkupnya lebih luas. Bagi peneliti lain selanjutnya disarankan untuk juga meneliti dan menganalisa faktor-faktor lain selain bauran promosi yang tidak diteliti dalam penelitian ini misalnya variabel harga produk image selera konsumen faktor psikologis konsumen atau bauran pemasarannya

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: library UM
Date Deposited: 01 Nov 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/31142

Actions (login required)

View Item View Item