Harvina, Cindy Tyas Harvina (2024) Peningkatan kemampuan memahami konsep gerak parabola pada mahasiswa menggunakan lkm berbasis multirepresentasi disertai asesmen formatif / Cindy Tyas Harvina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kemampuan memahami konsep sangat penting dimiliki oleh mahasiswa dalam konteks pembelajaran fisika. Akan tetapi pada praktiknya kemampuan memahami konsep gerak parabola masih tergolong rendah. Masih terdapat kesulitan-kesulitan yang ditemui pada mahasiswa dalam memahami konsep gerak parabola. Upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan memahami konsep gerak parabola pada mahasiswa adalah dengan menggunakan lembar kerja mahasiswa berbasis multirepresentasi disertai asesmen formatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan memahami konsep gerak parabola pada mahasiswa menggunakan LKM berbasis multirepresentasi disertai asesmen formatif. Penelitian yang dilakukan menggunakan pendekatan mixed methods dengan desain penelitian Embedded Experimental. Desain eksperimen yang digunakan adalah one group pretest-posttest design dan desain kualitatif studi kasus. Subjek penelitian yaitu 18 mahasiswa S1 Pendidikan Fisika yang sudah menempuh mata kuliah Fisika Dasar I. Instrumen penelitian berupa 22 soal pretest dan posttest lembar kerja mahasiswa soal asesmen formatif dan rancangan desain perkuliahan. Pengumpulan data dilakukan menggunakan tes dokumentasi (foto dan video) isian LKM dan wawancara. Hasil dalam penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan memahami konsep gerak parabola pada mahasiswa setelah mendapat pembelajaran dengan menggunakan LKM berbasis multirepresentasi disertai asesmen formatif. Peningkatan dapat dilihat dari hasil N-gain sebesar 0 88 dengan kategori tinggi dan nilai d-effect size sebesar 2 37 dengan kategori sangat tinggi. Representasi grafik tabel verbal dan matematis yang ada pada LKM dan adanya asesmen formatif sangat membantu mahasiswa dalam memahami konsep gerak parabola. Peningkatan kemampuan memahami konsep gerak parabola paling tinggi pada kategori inferring dan explaining sedangkan peningkatan kemampuan memahami konsep gerak parabola yang lebih kecil dibandingkan kategori yang lain terletak pada kategori exemplifying. Mahasiswa masih memiliki kesulitan pada menggambarkan posisi gerak parabola pada detik tertentu melalui persamaan matematis. Oleh sebab itu perlu ditambahkan penekanan representasi matematis pada kategori exemplifying baik di LKM maupun di soal asesmen formatif.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 26 Jun 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/311270 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |