Pengembangan program remidiasi berbantuan articulate storyline untuk meningkatkan kemampuan analisis siswa pada materi kinematika gerak lurus / Kirana Dararisty - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan program remidiasi berbantuan articulate storyline untuk meningkatkan kemampuan analisis siswa pada materi kinematika gerak lurus / Kirana Dararisty

Dararisty, Kirana Dararisty (2024) Pengembangan program remidiasi berbantuan articulate storyline untuk meningkatkan kemampuan analisis siswa pada materi kinematika gerak lurus / Kirana Dararisty. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan abad ke-21 diarahkan pada penguasaan keterampilan 4-C salah satunya yaitu berpikir analisis. Kemampuan analisis dapat dilakukan dengan salah satu caranya yaitu melaksanakan program remidiasi. Program remidiasi yang sering dijumpai yaitu ujian ulang tanpa adanya peningkatan dalam proses pembelajaran. Pelaksanaan ujian tanpa remidiasi ini bergantung pada beberapa faktor seperti kurangnya waktu dalam melaksakan remidiasi guru jarang memberikan umpan balik langsung kepada siswa mengenai soal ulang harian. Perkembangan teknologi informasi menuntut semua aspek untuk dapat mengikuti kemajuan teknologi dan informasi termasuk aspek pendidikan. Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran yaitu Articulate Storyline. Tujuan dari penelitian ini untuk mengembangkan program remidiasi berbantuan Articulate Storyline untuk meningkatkan kemampuan analisis siswa pada materi kinematika gerak lurus. Metode penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE (Analyze Design Development Implementation Evaluation). Hasil penelitian ini berupa program remidiasi menggunakan media. Berdasarkan hasil validasi ahli penggunaan media tersebut data dikategorikan sangat baik. Hasil implementasi menunjukkan peningkatan (N-gain) kemampuan analisis siswa sebesar 0 578 dengan kategori efektif. Dengan demikian secara umum produk pengembangan ini dapat membantu meningkatkan kemampuan analisis siswa kelas XI SMA khususnya pada materi kinematika gerak lurus. Produk yang dihasilkan dalam penelitian ini memiliki beberapa kelebihan seperti adanya umpan balik berupa materi dan contoh soal sehingga memudahkan siswa dalam memahami materi yang belum jelas serta membantu guru dalam menilai hasil belajar siswa secara praktis dengan adanya fitur penilaian langsung yang disertai dengan rubrik penilaian. Disamping itu produk ini juga memiliki beberapa kekurangan yaitu perlu adanya ruang untuk memberikan penjelasan terkait jawaban siswa sehingga guru dapat melihat hasil dari proses yang didapatkan oleh siswa. Pengembangan produk lebih lanjut diperlukan dengan menambahkan ruang untuk menjelaskan uraian jawaban siswa agar tampak proses penyelesaian masalah yang telah dilakukan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Jun 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/311264

Actions (login required)

View Item View Item