Pengembangan soal berbasis permasalahan nyata dalam meningkatkan keterampilan penyelesaian masalah pada materi suhu dan kalor / Muhammad Syarhan Fath Aminullah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan soal berbasis permasalahan nyata dalam meningkatkan keterampilan penyelesaian masalah pada materi suhu dan kalor / Muhammad Syarhan Fath Aminullah

Aminullah, Muhammad Syarhan Fath (2024) Pengembangan soal berbasis permasalahan nyata dalam meningkatkan keterampilan penyelesaian masalah pada materi suhu dan kalor / Muhammad Syarhan Fath Aminullah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Salah satu hal yang wajib dimiliki peserta didik pada pembelajaran abad ke-21 yakni penyelesaian masalah namun rendahnya ketrampilan penyelesaian masalah pada materi suhu dan kalor menjadi alasan dilakukannya penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan karakteristik soal berbasis penyelesaian masalah (2) mengetahui kelayakan dan kepraktisan soal berbasis penyelesaian masalah dan (3) mengetahui peningkatan keterampilan penyelesaian masalah dengan menggunakan soal yang dikembangkan. Penelitian dilaksanakan pada salah satu SMA swasta di kota malang dengan dua kelas XI IPA yang berbeda dengan jumlah sampel masing-masing sebanyak 31 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan 30 peserta didik sebagai kelas kontrol ini menggunakan metode research and development (R amp D) jenis ADDIE (Analyze Design Develop Implementation dan Evaluation). Sehingga mendapatkan hasil sebagai berikut (1) soal berbasis permasalahan nyata yang dikembangkan merupakan soal yang menggunakan indikator penyelesaian masalah pada materi suhu dan kalor yang dibatasi pada materi suhu dan termometer dan pemuaian (2) kelayakan soal berbasis penyelesaian masalah sangat layak digunakan pada materi suhu dan kalor dan kriteria kepraktisan dalam aspek Bahasa soal berbasis penyelesaian masalah praktis digunakan pada materi suhu dan kalor dan (3) terdapat peningkatan keterampilan penyelesaian masalah peserta didik yang ditandai dengan adanya perbedaan perolehan nilai antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dan terdapat peningkatan yang tinggi dalam penerapan perlakuan pemberian soal berbasis penyelesaian masalah terhadap keterampilan penyelesaian masalah pada kelas eksperimen jika dibandingkan dengan kelas kontrol. Bagi peneliti yang ingin melaksanakan penelitian dengan menggunakan soal serupa serupa untuk dapat menerapkannya pada pada model pembelajaran yang sejalan yang sama-sama terkait dengan permasalahan seperti model Problem Based Learning (PBL) karena dapat peningkatan keterampilan meenyelesaikan permasalahan peserta didik maupun diterapkan pada perangkat pembelajaran seperti LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) agar keterampilan Penyelesaian masalah yang didapatkan oleh peserta didik semakin tinggi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Jun 2024 04:29
Last Modified: 23 Oct 2024 02:54
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/311263

Actions (login required)

View Item View Item