Lembar kerja terintegrasi multirepresentasi pada pembelajaran cooperative learning untuk meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa pada materi superposisi percepatan / Mahmiyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Lembar kerja terintegrasi multirepresentasi pada pembelajaran cooperative learning untuk meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa pada materi superposisi percepatan / Mahmiyah

Mahmiyah, Mahmiyah (2024) Lembar kerja terintegrasi multirepresentasi pada pembelajaran cooperative learning untuk meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa pada materi superposisi percepatan / Mahmiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pemahaman konsep masih menjadi masalah krusial dalam dunia pendidikan terutama pada perguruan tinggi. Namun pemahaman konsep superposisi percepatan pada mahasiswa masih tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak lembar kerja terintegrasi multirepresentasi terhadap pemahaman konsep mahasiswa pada materi superposisi percepatan. Representasi yang digunakan berupa verbal tabel visual grafik dan persamaan matematis yang dipercaya efektif meningkatkan penguasaan konsep berpikir kritis serta pemecahan masalah. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian mixed method dengan desain embedded experimental disertai desain one group pretest posttest design untuk data kuantitatif sedangkan data kualitatif melalui think aloud pada setiap butir soal. Responden berjumlah 18 mahasiswa Departemen Fisika angkatan 2020-2022 yang telah menyelesaikan mata kuliah Fisika Dasar 1. Instrumen yang digunakan berupa soal pretest dan posttest berjumlah 12 soal. Analisis data dilakukan dengan menghitung statistik deskriptif n-gain dan d-effect size. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pemahaman konsep superposisi percepatan setelah mendapat pembelajaran dengan LKM terintegrasi multirepresentasi. Peningkatan dapat dilihat dari hasil n-gain sebesar 0 7 dengan kategori tinggi dan nilai d-effect size sebesar 1 3 dengan kategori tinggi. Banyaknya representasi yang disajikan sangat membantu mahasiswa dalam memahami konsep karena mahasiswa dituntut memenuhi pemahamannya secara mandiri. Namun demikian masih terdapat mahasiswa yang merasa kesulitan pada soal menentukan arah kecepatan atau percepatan pada benda yang bergerak di lintasan melingkar. Sehingga perlu adanya integrasi video pada LKM guna memudahkan mahasiswa mengulang kembali materi yang sudah dipelajari.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Jun 2024 04:29
Last Modified: 27 Sep 2024 00:23
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/311262

Actions (login required)

View Item View Item