Pengembangan m-learning berbantuan edlink berbasis pbl untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik sma pada topik momentum dan impuls / Dyah Erpiana Ekasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan m-learning berbantuan edlink berbasis pbl untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik sma pada topik momentum dan impuls / Dyah Erpiana Ekasari

Ekasari, Dyah Erpiana Ekasari (2024) Pengembangan m-learning berbantuan edlink berbasis pbl untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik sma pada topik momentum dan impuls / Dyah Erpiana Ekasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Aspek penting pada pembelajaran fisika adalah pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kritis. Namun demikian kemampuan berpikir kritis peserta didik pada topik momentum dan impuls berada pada kategori rendah. Salah satu cara meningkatkan kemampuan berpikir kritis yaitu melalui latihan atau pembelajaran terus menerus. Sebelumnya telah dikembangkan media pembelajaran M-Learning pada materi momentum dan impuls untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis yang disusun tanpa menggunakan model pembelajaran inovatif. Oleh karena itu penelitian ini mengembangkan M-Learning berbantuan Edlink berbasis PBL untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik SMA pada topik momentum dan impuls. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah ADDIE yang mempunyai proses lima langkah yaitu analysis (menganalisis) design (mendesain) development (mengembangkan) implementation (melaksanakan) evaluation (menilai). Tingkat kevalidan produk adalah 84 44% dengan kriteria cukup valid kepraktisan 97 35% dengan kriteria sangat praktis dan keefektifan dengan uji N-Gain menunjukkan nilai N-Gain kelas eksperimen sebesar 0 68 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 0 41 dan kedua kelas termasuk pada kriteria peningkatan sedang. Kelas eksperimen memperoleh peningkatan lebih tinggi daripada kelas kontrol sehingga dapat disimpulkan produk memiliki tingkat efektifitas yaitu cukup efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada topik momentum dan impuls. M-Learning terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dikarenakan produk ini disusun berdasarkan sintaks PBL dan bersifat fleksibel yang dapat digunakan dimana saja karena dikelola pada LMS Edlink. Selain itu latihan soal pada produk ini diberikan feedback sehingga peserta didik dapat memperbaiki kelemahannya dalam berpikir kritis untuk topik momentum dan impuls.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 24 Jun 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/311261

Actions (login required)

View Item View Item