Suhandoko, Ronggo (2011) Pengaruh tayangan iklan di media televisi terhadap keputusan pembelian honda absolute revo 110CC (studi pada PT. Eka Jaya Motor Batu) / Ronggo Suhandoko. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Iklan Keputusan Pembelian Honda Absolute Revo Daya saing yang semakin tajam dalam dunia bisnis menyebabkan para pelaku bisnis ingin mendapatkan tempat yang istimewa dihati konsumen atas produknya. Selain harus mampu menciptakan produk yang unggul perusahaan juga harus mampu mengkomunikasikan produknya kepada konsumen agar produk mereka lebih dikenal dan diterima salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan strategi promosi. Sebagai salah satu bauran pemasaran strategi promosi ini diharapkan dapat merebut perhatian calon konsumen. Iklan merupakan salah satu strategi promosi yang dijalankan oleh perusahaan untuk memberikan informasi kepada masyarakat tentang produk dan membujuk pembeli atau target pasar serta saluran distribusi dan publik untuk membeli produknya. Periklanan digunakan oleh suatu perusahaan untuk menginformasikan (to inform) membujuk (to persuade) serta mengaitkan orang-orang tentang produk yang dihasilkan oleh organisasi maupun individu. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif korelasional dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial yaitu regresi linier berganda dengan menggunakan SPSS 16.00 for Windows. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengunjung dealer Eka Jaya Batu. Dengan menggunakan rumus Infinitife Population dari Daniel Terrel diperoleh jumlah 84 responden. Untuk mengantisipasi adanya kuesioner yang tidak dikembalikan oleh responden maka peneliti menyebarkan 100 kuesioner kepada 100 responden. Dari 100 kuesioner yang disebar hanya kembali 94 kuesioner dan yang layak untuk dijadikan responden hanya 84 kuesioner. Penyebaran kuesioner kepada responden dengan menggunakan teknik Accidental Sampling. Data dalam penelitian ini bersifat kuantitatif serta berjenis data ordinal yang mendekati ciri-ciri interval sehingga bisa disebut sebagai data interval. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan data sekunder. Pengambilan data primer dalam penelitian ini menggunakan instrumen penelitian berupa angket atau kuesioner yang sebelumnya telah diuji melalui uji validitas dan uji reliabilitas yang telah diujikan. Instrumen penelitian ini menggunakan Skala Likert 5 opsi skala pengukuran untuk iklan dan keputusan pembelian meliputi sangat setuju (5) setuju (4) kurang setuju (3) tidak setuju (2) dan kurang sangat setuju (1). Tujuan penelitian diwujudkan dengan menggunakan analisis statistik deskriptif guna mengetahui gambaran masing-masing subvariabel iklan yang terdiri dari isi pesan struktur pesan format pesan dan sumber pesan serta variabel keputusan pembelian baik secara parsial maupun simultan. Untuk menguji kelayakan model regresi dilakukan uji asumsi klasik. ii Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan ada pengaruh antara tayangan iklan di media televisi terhadap keputusan pembelian Honda Absolute Revo di dealer Eka Jaya Batu baik secara parsial maupun simultan. Variabel yang berpengaruh dominan adalah isi pesan. Sehingga berdasarkan hasil tersebut disarankan (1) Bagi Perusahaan hasil penelitian ini dapat dijadikan pertimbangan dalam memutuskan pelaksanaan bauran promosinya khususnya periklanan sehingga produk yang dipasarkan lebih mengena dan mudah diingat oleh konsumen. Hal ini dilakukan untuk melihat situasi dan kondisi konsumen untuk menetapkan iklan yang tepat sehingga mempengaruhi keputusan pembelian guna meningkatkan penjualan Sepeda Motor Honda Absolute Revo. Selain itu pesan ini juga akan meningkatkan citra Sepeda Motor Honda Absolute Revo. di mata konsumennya. (2) Isi pesan dan Sumber pesan mempunyai pengaruh terbesar dalam keputusan pembelian Sepeda Motor Honda Absolute Revo. Untuk itu kiranya perusahaan dapat terus mempertahankan kredibilitas isi pesan yang digunakan. Hal ini terkait dengan semakin ketatnya persaingan industri sepeda motor khususnya di Indonesia. Karena pasar sepeda motor di Indonesia dinilai sangat potensial.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Oct 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/31126 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |